Pembinaan UMKM Toba Tilapia Dukung Pengembangan Danau Toba

Pembinaan UMKM Toba Tilapia Dukung Pengembangan Danau Toba
Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldy, meresmikan program pembinaan UMKM Toba Tilapia di sekitar Pelabuhan Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Kamis ( 1/7) (Analisadaily/Franscius Simanjuntak)

Analisadaily.com, Dolok Pardamean - Dalam rangka mendukung destinasi super prioritas kawasan Danau Toba, PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk (Japfa) melalui anak perusahaan PT Suri Tani Pemuka (STP) meresmikan program pembinaan UMKM Toba Tilapia di sekitar Pelabuhan Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Kamis (1/7).

Peresmian program pembinaan UMKM Toba Tilapia dihadiri Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi, didampingi Camat Dolok Pardamean Rulianto Girsang dan Deputy Head of Tilapia Operation, Imam Santoso.

Dalam kesempatan itu Zonny Waldi mengapresiasi aksi nyata yang dilakukan PT Suri Tani Pemuka dalam membina dan membantu pembangunan sumber daya manusia.

Melalui program ini dia berharap para pelaku UKM lebih berkompeten dan menjadi pelaku utama dalam kepariwisataan di sekitar Pelabuhan Tigaras demi mendukung keberhasilan pengembangan pariwisata Danau Toba.

"Hal seperti inilah yang sangat kami harapkan dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di kawasan Danau Toba dengan memberikan manfaat yang positif untuk kesejahteraan masyarakat Danau Toba," kata Zonny Waldi.

Sementara Assiten Deputi of Head Tilapia Overation PT Suri Tani Pemuka (STP), Imam Santoso, mengatakan pihaknya mendukung penuh kemajuan destinasi pariwisata kawasan Danau Toba melalui berbagai program, salah satunya memberikan dukungan dan pembinaan kepada pelaku UMKM di Pelabuhan Tigaras sehingga siap menyajikan dan memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan.

"Saat ini PT Suri Tani Pemuka masih membina tiga pelaku usaha UMKM di sekitar Pelabuhan Tigaras, Kedai Makan Sangga Boi, Kedai Makan Sabila dan Kedai Kopi Bintang Rizky. Selanjutnya managemen perusahaan akan memonitoring, mengawasi, mengevaluasi dan membina para pelaku UKM lainnya," ujar Imam Santoso.

Salah seorang pelaku UKM, Selmawati Boru Sitio, mengucapkan terima kasih kepada managemen PT Suri Tani Pemuka karena telah memilih kedai miliknya menjadi UKM binaan perusahaan.

"Kita senang karena dibantu, dibina dan dibimbing untuk menata warung ini sehingga tertata baik, menjadi bersih dalam mendukung kemajuan destinasi pariwisata Danau Toba di Pelabuhan Tigarras," ungkap Boru Sitio.

(FHS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi