Jamaah yang Salat Ied di Masjid Al-Mahsun Alami Penurunan

Jamaah yang Salat Ied di Masjid Al-Mahsun Alami Penurunan
Masyarakat melaksanakan salat Ied di Masjid Raya Al-Mashun, Selasa (20/7) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Umat muslim Kota Medan melaksanakan salat Idul Adha 1442 H di Masjid Raya Al-Mashun, meski telah diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Selasa (20/7).

Datuk Kesultanan Deli, Adil Freddy Haberham mengatakan, pelaksanaan salat Idul Adha tetap dilakukan di Masjid Raya Al-Mashun telah mengikuti aturan pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan jemaah.

"Kita melaksanakan salat Ied sesuai dengan protokol kesehatan dan pembatasan jamaah sesuai dengan aturan pemerintah," katanya.

Adil pun tak menampik bahwa salat Ied di Masjid Raya Al-Mashun sejak dua tahun terakhir jemaah yang hadir mengalami penurunan.

Kata dia, sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia khusunya Kota Medan, jumlah jemaah yang hadir untuk salat Ied bisa sampai memenuhi ruas jalan.

"Kalau kita lihat dengan tahun-tahun lalu ini semua penuh sampai ke jalan. Namun itu berbeda dengan tahun sebelumnya karena peraturan tersebut," sebutnya.

Adil menerangkan untuk proses penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Al-Mashun hanya akan diikuti oleh panitia dan petugas satgas.

"Untuk penyembelihan kurban juga sesuai dengan peraturan pemerintah hanya panitia dan petugas dan nanti daging kurban nya dibagikan kepada masyarakat," pungkasnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi