Adhyaksa Estate Wujud Karya Kejaksaan Selamatkan Aset Negara

Adhyaksa Estate Wujud Karya Kejaksaan Selamatkan Aset Negara
Kepala Bagian Umum PTPN III, Christian Orchard Peranging-angin (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kualanamu - Peran Kejaksaan Republik Indonesia, khususnya Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara sangat vital dan strategis dalam rangka penyelamatan aset BUMN perkebunan, baik penyelamatan dengan okupasi aset negara maupun pengawalan serta pendampingan terhadap berjalannya aksi korporasi sesuai prinsip good corporate governance (GCG).

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Umum PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Kantor Operasional Medan sekaligus Personal In Charge (PIC) Adhyaksa Estate PT Perkebunan Nusantara III (Persero), Christian Orchard Perangin-angin, kepada Analisadaily.com di Bandara Kualanamu, Rabu (21/7).

Apalagi, sambungnya, Kejaksaan Republik Indonesia sesuai dengan misinya untuk meningkatkan peran jaksa pengacara negara dalam penyelesaian masalah perkara perdata dan tata usaha negara melakukan akselerasi konkret di usia ke 61 tahun 2021 pada tanggal 22 Juli 2021.

"Dengan mengusung tema "Berkarya Untuk Bangsa" secara konkret melalui Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara membentuk Adhyaksa Estate di PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Sumatera Utara," sebutnya.

Menurutnya pembentukan Adhyaksa Estate merupakan realisasi konkret dari perjanjian kerjasama nomor: BUMU/MoU/01/2021 dan 07/L.2/Gs.1/05/2021 tanggal 4 Mei 2021 tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang ditandatangani oleh IBN Wiswantanu selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dan Seger Budiardjo selaku Direktur SDM PT Perkebunan Nusantara III (Persero).

Adhyaksa Estate merupakan suatu sarana penyelesaian permasalahan aset negara di Sumatera Utara, khususnya di BUMN perkebunan. Dalam hal ini jaksa langsung hadir untuk memberikan solusi dan alternatif penyelesaian, baik secara perdata ataupun tata usaha negara sehingga secara prosedural maupun administratif penyelamatan aset negara di PT Perkebunan Nusantara III (Persero) wilayah Sumatera Utara dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Penempatan personel yang ditugaskan Kajati Sumut melalui Prima Idwan Mariza selaku Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dan Victor Saut selaku Koordinator Adhyaksa Estate menambah energi baru dalam rangka penegakan hukum penyelamatan potensi kerugian negara.

"Hal tersebut sesuai dengan semangat yang selalu diberikan Ahmad Haslan Saragih selaku Direktur Pelaksana PT Perkebunan Nusantara III (Persero) dan Tengku Rinel selaku SEVP Business Support PT Perkebunan Nusantara III (Persero) bahwa penyelamatan aset PT Perkebunan Nusantara III (Persero) merupakan Going Concern utama untuk meningkatkan produktivitas bagi PT Perkebunan Nusantara III (Persero) sebagai Induk Holding Perkebunan Milik Negara," jelas Christian.

Secara konkret setiap harinya tim Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara melalui Adhyaksa Estate melakukan fungsi koordinasi, komunikasi dan konsultasi yang intens khususnya bagi PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Sumatera Utara dengan didampingi personel-personel yang profesional dan memberikan pelayanan secara maksimal khususnya dalam bidang perdata dan tata usaha negara.

Dalam berbagai kesempatan tim Adhyaksa Estate juga secara nyata telah melakukan penyelamatan aset negara di lingkungan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) yang tentunya menambah keyakinan bahwa peran Kejaksaan Republik Indonesia khususnya Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara memberikan kontribusi yang sangat positif bagi dunia usaha khususnya bagi BUMN Perkebunan Milik Negara di Sumatera Utara.

"Secara khusus seluruh Board Of Management (BOM) PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Kantor Operasional Medan mengucapkan selamat dan sukses buat keluarga besar Kejaksaan Republik Indonesia khususnya Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke 61 tahun 2021 seraya berdoa agar Kejaksaan Republik Indonesia tetap berkarya untuk bangsa," pungkasnya.

(KAH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi