Pandemi atau Tidak Jokowi Pemimpin Tepat Bagi Indonesia

Pandemi atau Tidak Jokowi Pemimpin Tepat Bagi Indonesia
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/aa. Handout Biro Pers Sekretariat Presiden)

Analisadaily.com, Jakarta - Direktur Indonesia Watch for Democracy (IWD), Endang Tirtana, menilai ada atau tidaknya pandemi Covid-19, Joko Widodo masih merupakan pemimpin yang tepat bagi Indonesia.

"Membayangkan kepemimpinan Jokowi tanpa pandemi dan kepemimpinan Jokowi di kala pandemi, menurut saya sampai hari ini Jokowi yang terbaik bagi Indonesia," kata Endang dilansir dari Antara, Selasa (27/7).

Jokowi, kata dia, merupakan pemimpin yang memulai karir dari kepala daerah hingga akhirnya menjadi presiden. Oleh sebab itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dinilainya paham mengenai pengelolaan anggaran dan menetapkan skala prioritas pembangunan.

Sebelum pandemi Covid-19, ia menilai Jokowi berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 11.3 persen menjadi 9.4 persen. Selain itu, tingkat pengangguran di Indonesia juga turun dari 57 persen menjadi lima persen.

"Sekarang kita tahu Jokowi dihadapkan dengan persoalan pandemi yang sebenarnya belum ada satu pun negara di dunia yang berhasil pulih," ujarnya.

Ia menyayangkan adanya upaya dari sekelompok orang yang mengkritik dengan tujuan membuat kepercayaan terhadap pemerintah menurun. Seharusnya, hal itu tidak dilakukan di masa pandemi.

"Harusnya seluruh elemen masyarakat bersatu dan gotong royong agar Indonesia segera pulih dan bebas dari pandemi," ujarnya.

Menurut dia, pernyataan-pernyataan yang disampaikan oleh salah satu tokoh partai yang menyebutkan Indonesia dalam ancaman negara gagal, dan meminta MPR melakukan sidang terhadap Jokowi justru akan menyulut emosi publik dan mengganggu upaya penanganan Covid-19.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi