Alasan Politik, Seniman Hong Kong Pindah ke Taiwan

Alasan Politik, Seniman Hong Kong Pindah ke Taiwan
Seniman Hong Kong, Kacey Wong, tampil dalam proyek seni 2018 bernama The Patriot yang memprotes undang-undang lagu kebangsaan. (AFP/Anthony WALLACE)

Analisadaily.com, Hong Kong - Salah satu artis paling terkenal di Hong Kong, Kacey Wong, menegaskan ia telah pindah ke Taiwan untuk mencari "kebebasan 100 persen" dari tindakan keras pemerintah terhadap perbedaan pendapat.

Kepergiannya merupakan pukulan terakhir bagi reputasi Hong Kong sebagai surga regional untuk seni dan kebebasan berbicara karena para kritikus pemerintah menghadapi pengawasan yang semakin ketat dari pihak berwenang.

Pria berusia 51 tahun itu memposting video hitam-putih di Facebook di mana dia menyanyikan lagu sedih Vera Lynn, We'll Meet Again.

"Meninggalkan itu tidak mudah, bertahan juga sulit," tulisnya di media sosial dilansir dari Channel News Asia, Selasa (3/8).

Dalam sebuah wawancara dengan situs web Hong Kong Free Press, Wong membenarkan, dia telah meninggalkan Hong Kong karena alasan politik, dengan alasan semakin berkurangnya ruang untuk kebebasan artistik.

Keadaan itu terjadi sejak China memberlakukan undang-undang keamanan nasional yang mengkriminalisasi banyak perbedaan pendapat.

Seniman lulusan Cornell ini dikenal dengan seni visual kontemporer yang berfokus pada aktivisme sosial dan politik.

Dalam salah satu karya seni pertunjukan tahun 2018 berjudul The Patriot, Wong menampilkan lagu kebangsaan China dengan akordeon saat berada di dalam kandang logam merah.

Tahun lalu pihak berwenang meloloskan undang-undang baru yang melarang mengejek lagu kebangsaan atau bendera China, yang berarti setiap pengulangan pertunjukan seperti itu akan penuh dengan risiko.

"Saya ingin dan saya menuntut kebebasan 100 persen, tanpa kompromi," kata Wong kepada Hong Kong Free Press.

"Saya selalu menghargai budaya dan seni Taiwan, saya pikir itu sangat matang dan mendalam dan masyarakatnya canggih dan mentah pada saat yang sama, yang saya suka," tambahnya.

Awal tahun ini Wong membagikan ratusan potongan lilin dari peringatan sebelumnya yang menandai tindakan keras mematikan di Lapangan Tiananmen di Beijing setelah pihak berwenang Hong Kong melarang peringatan publik.

Seni telah sangat dipengaruhi oleh undang-undang keamanan, yang diperkenalkan untuk meredam perbedaan pendapat setelah protes dua tahun lalu.

Semua film sekarang harus disensor untuk konten apa pun yang melanggar hukum dan banyak buku telah ditarik dari rak.

Pada hari Senin, bintang Cantopop Anthony Wong Yiu-ming didakwa korupsi karena bernyanyi di rapat umum pemilihan seorang politisi pro-demokrasi tiga tahun lalu.

Dua penulis buku anak-anak yang menyamakan pendukung demokrasi dengan domba yang dikelilingi serigala didakwa melakukan penghasutan bulan lalu.

Meskipun demikian, pemimpin Hong Kong, Carrie Lam, bersikeras bahwa kebebasan berbicara tetap utuh di kota itu.

"Sejujurnya saya akan bertanya kepada Anda, kebebasan seperti apa yang telah kita hilangkan, semangat seperti apa yang telah dikikis oleh Hong Kong?," katanya dalam sebuah acara radio akhir bulan lalu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi