Komunitas Siantar Peduli Isoman Hadir di Tengah Pandemi Covid-19

Komunitas Siantar Peduli Isoman Hadir di Tengah Pandemi Covid-19
Komunitas Siantar Peduli Isoman bagikan sembako (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Pematangsiantar - Komunitas Siantar Peduli Isoman hadir di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir. Komunitas ini memiliki tujuan mulia, menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang tengah isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Koordinator Siantar Peduli Isoman, Hexa Hutapea, Selasa (24/8), mengatakan, dirinya bergerak bersama mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Siantar.

Hexa menjelaskan, tugasnya dan para relawan dari GMNI membagikan paket makanan ataupun bahan pokok kepada masyarakat yang sedang menjalani isoman. Paket makanan atau bahan pokok langsung diberikan ke rumah masing-masing.

“Ketika menangani pemberian bantuan paket pada pasien Covid-19, kami sadar risikonya tinggi. Sehingga kami menerapkan prosedur dan protokol kesehatan yang ketat, seperti menggunakan alat pelindung diri serta melakukan penyemprotan disinfektan ketika sesudah maupun sebelum menyerahkan bantuan pada mereka (pasien isoman),” kata Hexa.

Para relawan, sambung Hexa, tidak bersinggungan langsung dengan individu yang terkena Covid-19 tersebut. “Paketnya kami letakkan di depan pintu rumah atau pagarnya,” jelas Hexa

Hexa menuturkan, sebelum memberikan paket tersebut, tim relawan akan menghubungi pasien dan menanyakan apa saja yang sedang mereka butuhkan. Bantuan tersebut terdiri dari beras, mi instan, vitamin, obat-obatan, dan bahan pokok lainnya.

Menurut Hexa, pasien yang menjalani isoman semakin hari kian bertambah. “Data ini kami dapatkan dari masyarakat yang menghubungi komunitas ini melalui telepon maupun media sosial,” terangnya.

Meski begitu, informasi tersebut tidak langsung diterima begitu saja, melainkan harus dibuktikan dengan hasil surat yang menyatakan orang tersebut benar-benar terpapar Covid-19 dan sedang menjalani isoman.

“Kami harus menyalurkan bantuan ini pada orang yang tepat. Selain itu, tujuan diberikan bantuan ini agar meringankan beban warga yang isoman. Sehingga, mereka tidak kebingungan untuk belanja karena tidak bisa keluar rumah,” papar Hexa.

Hexa mengatakan, selain bertambahnya warga yang isoman, ada pula yang sembuh dari Covid-19. “Kami sangat berterimakasih para donatur yang sudah memberikan bantuan,” ucap Hexa.

Ia menuturkan, pasien yang menjalani isolasi membutuhkan dukungan dari masyarakat lainnya, termasuk pemerintah, agar mereka tidak dibiarkan sendirian. Pemerintah seharusnya memberikan perhatian serius kepada mereka yang menjalani isoman.

“Kami tetap berharap agar semua masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya.

(FHS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi