Balas Tuduhan Haris, China: Amerika Egois Soal Afganistan

Balas Tuduhan Haris, China: Amerika Egois Soal Afganistan
Wakil Presiden AS, Kamala Harris melambai saat dia menaiki Air Force Two di Pangkalan Udara Paya Lebar Singapura, dalam perjalanannya untuk berangkat ke Vietnam dalam perjalanan kedua dari perjalanan Asia Tenggara pada 24 Agustus 2021. (Reuters/Hanidah Amin)

Analisadaily.com, Beijing - China menganggap penarikan Amerika yang kacau dari Afghanistan sebagai contoh kebijakan luar negeri egois Washington.

Hal itu disampaikan untuk membalas tuduhan Wakil Presiden AS, Kamala Harris, tentang intimidasi di perairan Asia.

Selama perjalanan ke Singapura, Harris membidik Beijing karena membuat klaim atas "sebagian besar Laut Cina Selatan" saat ia berusaha meyakinkan sekutu regional tentang komitmen Amerika ke Asia dan aturan internasional yang mengikat.

Juru bicara kementerian luar negeri China, Wang Wenbin, membentak, menuduh AS bersembunyi di balik retorika tatanan global berbasis aturan untuk mempertahankan "perundungan, perilaku hegemonik" sendiri.

"Peristiwa saat ini di Afghanistan dengan jelas memberi tahu kami apa aturan dan ketertiban yang dibicarakan AS," kata Wenbin dalam konferensi pers reguler.

"AS bisa sembarangan melakukan intervensi militer di negara berdaulat dan tidak perlu bertanggung jawab atas penderitaan rakyat di negara itu," kata dia dilansir dari Channel News Asia dan Reuters, Rabu (25/8).

Kata dia, untuk mempertahankan 'Amerika pertama', AS dapat secara sewenang-wenang mencoreng, menekan, memaksa, dan menggertak negara lain tanpa membayar harga apa pun.

"Ini adalah perintah yang diinginkan AS, tetapi siapa yang akan mempercayai mereka sekarang?," tambah Wang.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi