Pemerintah Wujudkan Pesantren Mandiri berbasis Life Skill

Pemerintah Wujudkan Pesantren Mandiri berbasis Life Skill
Peserta pelatihan Pesantren Mandiri Berbasis Life Skill BLK Komunitas (Analisadaily/Hairul Iman Hasibuan)

Analisadaily.com, Gunung Tua - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Marwan Dasopang, mengapresiasi pemerintah dalam mewujudkan Pesantren Mandiri berbasis Life Skill.

Hal itu disampaikan dengan didirikannya Balai Latihan Kerja Komunitas (BLK) Komunitas yang dibangun di beberapa Pesantren.

Salah satunya telah dilaksanakan pelatihan tahap pertama berbasis kompetensi “Desain Mode dan Tekstil (Tata Busana)" di BLK As-Syarifiyah, Desa Hambiri, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara.

Kata dia, semoga dapat menjadikan Pesantren lebih mandiri, dan meningkatkan produktifitas melakukan kajian keagamaan.

Di samping itu, menumbuhkan skill dan menghidupakan usahawan muda yang dapat memenuhi selera pasar, setidaknya kebutuhannya sendiri dengan adanya brand yang diciptakan oleh Pesantren.

"Saya berharap program seperti demikian ini harus didukung karena sangat terasa bermanfaat untuk masyarakat dan pesantren sehingga keterbatasan yang selama ini dijangkau oleh desa akan dapat secara perlahan diatasi seperti mengurangi pengangguran," ucap Tim Ahli Marwan Dasopang, Khillman Dasopang.

"Kami akan berusaha keras mewujudkan cita-cita pesantren yang mandiri secara ekonomi dan selalu melakukan pelatihan agar punya keahlian setelah keluar dari pondok untuk membuat usaha atau UMKM," kata perwakilan pesantren, Baikuni Harahap.

(HIH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi