H. Anif Wafat, El: Kita Kehilangan Sosok Panutan

H. Anif Wafat, El: Kita Kehilangan Sosok Panutan
H. Anif bersama salah satu putranya yang merupakan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kabar duka meninggalnya Haji Anif pada Rabu (25/8) pagi sangat mengejutkan publik, khususnya warga Sumatera Utara.

H. Anif merupakan ayah dari Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, sekaligus sosok pengusaha yang sangat dikagumi masyarakat.

Dia meninggal pada usia 82 tahun dan dikebumikan di area Masjid Musannif Kompleks Cemara Asri, Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

H. Anif meninggalkan banyak kesan yang sangat mendalam, termasuk bagi Ketua DPD KNPI Sumatera Utara, El Adrianshah.

El menyebut H. Anif merupakan sosok guru baginya dalam menjalani kehidupan berorganisasi.

"Banyak sekali nasehat kepada kami dari beliau dalam menjalani hidup dan kehidupan, karena beliau telah memberi keteladanan dalam hidup bagi kami," kata El Adrianshah, Kamis (26/8).

Menurutnya H. Anif dikenal sebagai sosok yang sangat dermawan bagi semua kalangan dan etnis pernah membedakan kalangan tertentu.

"Beliau dalam membantu tidak membeda-bedakan agama maupun etnis, hal ini yang patut kita contoh dari beliau. Bahkan beliau juga membantu beberapa perguruan tinggi di Sumatera Utara dengan membangun Gedung H. Anif seperti di USU, Unimed dan UIN. Hal ini membuktikan bahwa beliau memeliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap kemajuan intelektual di Sumatera Utara," sambung El.

Sementara dalam bidang sosial, H. Anif mendirikan Yayasan Haji Anif (YHA) yang salah satu programnya adalah membersihkan masjid-masjid di Sumatera Utara secara gratis.

Program kebersihan masjid ini telah berlangsung di 15 kabupaten/kota di Sumatera Utara dan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Oleh karena itu, El mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara agar mengambil nilai-nilai positif dari sikap sebagai pengusaha yang telah dicontohkan H. Anif yaitu kedermawanan.

"Semoga ke depannya muncul sosok-sosok H. Anif yang baru di tengah-tengah masyarakat, yaitu mereka yang sukses secara ekonomi namun memiliki kepedulian sosial yang tinggi," pungkasnya.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi