Laba PTPN Group Naik 2 Kali Lipat dari Posisi Rugi

Laba PTPN Group Naik 2 Kali Lipat dari Posisi Rugi
Laba PTPN Group Naik 2 Kali Lipat dari Posisi Rugi. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kinerja perusahaan PTPN Group kian membaik, seiring langkah transformasi dalam pengelolaan manajemen Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero). Hal ini terlihat dengan kenaikan laba, penyelesaian restruktursisasi hutang senilai 41 trilliun, dan berhasil diluncurkannya brand ritel premium NUSAKITA.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PtPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani mengatakan, dari sisi perbaikan kinerja ditandai dengan kenaikan laba bersih sebesar 227,81% senilai 1,45 Trilliun atau naik 2 kali lipat lebih dari tahun lalu yang sebelumnya rugi sebesar 1,1 Trilliun (yoy), bahkan setelah 2 tahun berturut-turut mengalami kerugian. Selain laba, Revenue PTPN Tumbuh 36,37% mencapai Rp 21,26 Triliun adanya pencapaian revenue pada Juni 2021, sebesar Rp 21,26 triliun. Angka itu mengalami pertumbuhan sebesar 36,37% (yoy) di atas pencapaian tahun lalu.

Menurut Dirut, knerja keuangan didukung beberapa aspek antara lain restrukturisasi, peningkatan produksi dan produktivitas serta peningkatan nilai tambah produk melalui hilirisasi. Di tengah pandemi covid perusahaan memberikan tren kinerja positif melalui pelaksanaan operational excellence, back to basic, serta penekanan pada culture planters. Capaian itu antara lain didukung oleh meningkatnya produksi CPO 19% di atas tahun lalu dan penurunan beban biaya produksi sebesar 14% dari tahun yang lalu.

“Revenue kami per Juni 2021, sudah mencapai 120,34% dari RKAP tahun 2021. Kenaikan revenue itu juga berpengaruh pada kenaikan margin pendapatan sebelum pajak, bunga, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) sebesar 245,34% dibandingkan tahun 2020 atau senilai Rp 5,46 triliun. Angka kenaikan margin ini juga sudah mencapai 245,36% dari yang dianggarkan dalam RKAP 2021. Pencapaian tersebut merupakan implementasi dari program EBITDA Transformation, dimana pada tahun pertama PTPN Group membangun fondasi transformasi melalui, Revenue Enhancement, Operations Control Tower, Procurement Excellence, Logistics Optimization, Zero Based Budgeting (ZBB) dan Organizational Excellence,” papar Mohammad Abdul Ghani.

Ghani menambahkan, perbaikan kinerja yang mengesankan ini, tidak lepas dari upaya transformasi bisnis yang dijalankan perusahaan.

“Sejak akhir 2019 manajemen terus melakukan transformasi bisnis beserta Anak Perusahaan melalui strategi perusahaan yang tersusun dalam roadmap transformasi perusahaan”, paparnya.

Ada lima strategi yang ditempuh manajemen Holding PTPN dalam melakukan transformasi hingga membawa kinerja PTPN Group mencapai level menggembirakan. Kelima strategi tersebut meliputi tiga strategi utama; Optimalisasi Portfolio & Operational Excellence, Commercial Excellence & Ekspansi Hilir dan Optimalisasi Aset & Kemitraan Strategis dan dua strategi pendukung yaitu; Pengembangan Kapablitas dan Budaya & Peningkatan system dan Teknologi. Hal tersebut tercermin dalam sejumlah bidang pencapaian: revenue, kinerja, produk unggulan, dan pengembangan sumber daya manusia.

Program-program tersebut diterapkan untuk mengoptimalkan kinerja dan efektivitas perusahaan menghadapi tantangan di berbagai aspek termasuk pengelolaan portofolio, operasional, komersial, investasi dan pendanaan, model operasi, merit system, budaya dan kapabilitas. Dia menambahkan salah satu bagian penting dari Rencana Transformasi Perusahaan adalah Transformasi Keuangan yang memiliki tujuan utama untuk memastikan keberlanjutan PTPN Group ke depannya. Transformasi Keuangan memiliki empat prinsip utama yaitu: Bisnis berkelanjutan, Komperhensif, Cash Flow Consolidation, dan Transparan.

“Dalam hal transformasi keuangan, kami telah berhasil melakukan restukturisasi hutang PTPN Group senilai Rp 41 Triliun, dengan dilakukannya Penandatangan Amandemen Perjanjian Pinjaman dari 39 kreditur 19 April 2021. Ini merupakan bentuk kepercayaan kreditur dalam mendukung upaya Transformasi PTPN Group sekaligus menandai terpenuhinya persyaratan pencairan Dana Investasi Pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (“PEN”)”, ujarnya.


Peluncuran NUSAKITA


Sebagai bagian dari transformasi bisnis perusahaan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) semakin memperkuat brand di pasar ritel dengan peluncuran produk nasional NUSAKITA pada 17 Agustus 2021. Peluncuran brand ritel nasional NUSAKITA dalam produk minyak goreng, gula pasir, teh, dan kopi ini dilakukan PTPN untuk memenuhi ketersediaan bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat dengan harga yang terjangkau dengan kualitas premium.

Dirut mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil dan pengekspor minyak kelapa sawit (CPO) terbesar di dunia, dimana PTPN Group sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia dengan produk turunan CPO, sudah saatnya PTPN Group serius memasuki industi hilir dengan memproduksi minyak goreng yang bermutu. Langkah hilirisasi ini merupakan menjaga ketahanan pangan dan mendorong peningkatan nilai tambah”.

Secara kualitas produk Brand NUSAKITA setara dengan top brand pesaing lainnya yang sejenis, mengingat semuanya beraal dari alam Nusantara yang diolah tangan-tangan terampil di PTPN yang telah berpengalaman puluhan dalam menanam, merawat, memanen, serta mengolah menjadi produk terbaik.

Seluruh pencapaian PTPN Group ini, lanjutnya, tentu melegakan pihaknya sekaligus memicu untuk lebih bersemangat dalam mewujuudkan cita-cita transformasi PTPN. "Kami juga ingin PTPN ke depan bisa menjadi kebangaan baru Indonesia," ujar Gani. (rel/msm)

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi