Kolaborasi Kunci Percepatan Pengembangan Ekosistem 5G

Kolaborasi Kunci Percepatan Pengembangan Ekosistem 5G
Ilustrasi (Pixabay)

Analisadaily.com, Jakarta - Untuk mengembangkan ekosistem 5G, IPB University (IPB) beserta Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) dan XL Axiata menjalin kemitraan. Salah satunya mengembangkan solusi digital dengan platform Internet of Things (IoT) yang dijalankan di jaringan 5G.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, pada pekan lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah menyatakan mereka lolos Uji Laik Operasi untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.

“Karena itu kami akan mempercepat pengembangan ekosistem 5G, selaras dengan spirit untuk terus berinovasi dan selalu adaptif terhadap setiap perkembangan teknologi telekomunikasi secara global,” kata Gede, Jumat (27/8).

Keberadaan jaringan 5G diharapkan dapat membuka jalan bagi para pelaku industri untuk melakukan banyak efesiensi proses melalui transformasi digital dengan memanfaatkan infrastuktur cerdas IoT.

Melalui laboratorium pengembangan IoT X-Camp bersama kedua perguruan tinggi tersebut, akan bersama-sama berbagi pengetahuan dan keahlian guna meningkatkan kompetensi agar mampu menyediakan platform berbasis IoT di jaringan 5G.

“Untuk itu kami merasa perlu untuk menggandeng lembaga riset seperti kampus dalam rangka bersama-sama mengeksplorasi problem dan solusi yang tepat guna,” lanjut Gede.

Setelah berhasil menggelar jaringan 5G di 5 kota, yaitu Depok, Jakarta Selatan, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, XL Axiata secara bertahap terus memperluas jaringan 5G ke kota-kota lainnya.

Medan, Banjarmasin, dan Makassar akan menjadi kota 5G XL Axiata berikutnya, ditargetkan akan siap pada pertengahan September 2021. Kota-kota ini dipilih berdasarkan kesiapan infrastruktur jaringan yang ada untuk penggelaran 5G.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi