GoTo Donasikan 1.000 Konsentrator Oksigen di Indonesia

GoTo Donasikan 1.000 Konsentrator Oksigen di Indonesia
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menerima secara simbolis sumbangan konsentrator oksigen dari GoTo yang diserahkan Head of Public and Government Relations Gojek Sumatra, Muhammad Ruslan, Senin (13/9). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily, Medan - Grup teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, GoTo, kembali mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan mendonasikan lebih dari 1.000 konsentrator oksigen. Melalui kolaborasi dan gotong royong, alat ini disalurkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit maupun fasilitas kesehatan untuk memenuhi kebutuhan.

Konsentrator oksigen sendiri adalah perangkat untuk menghilangkan kandungan nitrogen yang ada di udara sehingga menghasilkan oksigen murni hingga 96 persen.

Dalam siaran persnya, GoTo melalui organisasi nirlaba Yayasan Anak Bangsa Bisa yang didirikan Gojek untuk membangun kesejahteraan masyarakat melalui inovasi teknologi, menyerahkan 10 unit konsentrator oksigen untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan secara simbolis diterima oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Senin (13/9).

Sebelumnya, pada 10 September, juga sudah diserahkan tiga unit konsentrator oksigen untuk Universitas Sumatera Utara (USU) yang diterima Rektor USU, Dr Muryanto Amin. Selanjutnya 18 unit diberikan untuk Pemerintah Kota Medan. Pemprov dan pemko terkait akan langsung mengkoordinasikan penyaluran alat-alat tersebut ke rumah sakit dan faskes yang membutuhkan.

GoTo juga telah menyerahkan 200 unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Kesehatan serta lebih dari 400 unit ke berbagai pemda di Indonesia. Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari semangat gerakan #BangkitBersama yang diinisiasi GoTo, gerakan bertujuan membantu masyarakat Indonesia dalam penanganan Covid-19 melalui ekosistem GoTo, dan mendukung masyarakat, termasuk UMKM dan pekerja sektor informal, untuk dapat bangkit kembali usai pandemi sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.

Apresiasi

Saat penyerahan bantuan konsentrator oksigen ini, Edy, menyampaikan apresiasi dan terima kasih.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada GoTo atas perhatiannya kepada Pemprovsu melalui pemberian konsentrator oksigen ini. Ini tentu sangat bermanfaat bagi upaya penanganan pandemi Covid-19 di Sumut," ujarnya.

Dia berharap peran serta swasta seperti ini akan memberikan sumbangsih signifikan bagi percepatan penanganan pandemi dan bisa mengembalikan perputaran roda perekonomian Sumut.

Chief Public Policy and Government Relations, GoTo, Shinto Nugroho menyampaikan, penanganan Covid-19 membutuhkan semangat gotong royong yang telah menjadi jati diri bangsa Indonesia. Dia berharap dukungan pihaknya bisa meringankan upaya pemerintah dalam menanggulangi Covid-19.

"Donasi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami sejak awal pandemi terhadap kesiapan dalam penanganan Covid-19 melalui pendekatan y.ang sistematis dalam mendukung pemerintah, tenaga medis, mitra, dan karyawan," jelasnya.

Ditambahkannya, konsentrator oksigen merupakan salah satu dukungan pihaknya dalam aspek perawatan setelah sebelumnya meluncurkan "Rumah Oksigen Gotong Royong" yang menyuplai oksigen bagi warga terpapar Covid-19 dengan gejala ringan. Rumah Oksigen ini merupakan inisiasi GoTo, Kadin, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Grup), Master Steel, dan didukung Tripatra Engineers and Constructors, Halodoc dan Yayasan Anak Bangsa Bisa.

Pada 14 Juli, Presiden Joko Widodo meninjau langsung Rumah Oksigen Gotong Royong dan menyampaikan apresiasi atas kolaborasi dan gotong royong pelaku usaha dalam menghadirkan fasilitas ini guna mendukung penanganan Covid-19.

(GAS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi