Erick Thohir Minta R&D Dikembalikan di Perguruan Tinggi

Erick Thohir Minta R&D Dikembalikan di Perguruan Tinggi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aa.)

Analisadaily.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, meminta seluruh jajaran direksi dan komisaris BUMN untuk mengembalikan riset dan pengembangan di perguruan tinggi.

"Tentu yang tidak kalah pentingnya inovasi dan digitalisasi, karena itu sejak awal kami meminta seluruh direksi dan komisaris BUMN mengubah pola pikirnya, kembalikan riset dan pengembangan atau R&D di universitas. Kembalikan R&D di universitas, tugasnya BUMN mengkorporasikan," kata Erick saat menyampaikan kuliah umum terbuka dalam Dies Natalis ke-40 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di Serang, Banten, Jumat (1/10).

Dilansir dari Antara, kata Erick, pemahaman tersebut penting karena di era disrupsi saat ini fundamental universitas dan pembangunan SDM menjadi kunci penting dalam menghadapi persaingan yang akan semakin berat ke depannya.

"Karena itu kita harus menjadi bagian daripada inovasi dan digitalisasi ini. Kami melakukan juga banyak transformasi di digital," katanya.

Sebelumnya, Erick mengatakan program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) BUMN fokus pada tiga hal yakni pendidikan, lingkungan hidup, dan UMKM.

Ketiga fokus tersebut bertujuan untuk efisiensi program CSR mengingat fokus BUMN terlalu banyak. Dengan penduduk Indonesia yang generasi mudanya sangat banyak, maka pendidikan menjadi kunci.

Fokus kedua yakni lingkungan hidup juga menjadi kunci, sehingga hal tersebut masuk menjadi CSR yang serius dilakukan.

"Dan juga yang terpenting bagaimana UMKM, ini bisa mengaitkan dengan banyak program yang ada di Kementerian BUMN yang sekarang didorong," ujar Erick.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi