Foto: Pembukaan PON XX

Foto: Pembukaan PON XX
Suasana pertunjukan kembang api saat pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Analisadaily.com, Jayapura - Presiden Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10/2021) malam.

"Perasaan saya dan perasasan saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON Keduapuluh, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," kata Presiden Jokowi

Presiden Jokowi yang mengenakan jaket PON Papua menyapa penonton di stadion dalam bahasa setempat "Huwe foi (selamat malam), onomi rehmay, wa wa wa, salam olahraga". Salam ini disambut teriakan penonton yang memenuhi 25 persen dari total kapasitas 40 ribu kursi penonton.

Sebanyak 7.066 atlet dari seluruh Indonesia mengikuti PON yang berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 yang terdiri dari 4.176 atlet putra dan 2.890 atlet putri.

Atlet-atlet dari 34 provinsi itu berkompetisi dalam 37 cabang olahraga, 56 disiplin dan 679 nomor pertandingan.

Turut hadir dalam pembukaan PON, antara lain, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para duta besar negara sahabat, dan para kepala daerah.

Editor:  Junaidi Gandy

Baca Juga

Rekomendasi