WHO Luncurkan Tim Baru untuk Menyelidiki Pandemi

WHO Luncurkan Tim Baru untuk Menyelidiki Pandemi
Sebuah logo digambarkan di luar gedung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) selama pertemuan dewan eksekutif tentang pembaruan penyakit Coronavirus, di Jenewa, Swiss, pada 6 April 2021. (Reuters/Denis Balibouse)

Analisadaily.com, Jenewa - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meluncurkan tim ilmuwan yang ingin menyelidiki patogen baru dan mencegah pandemi di masa depan, ditambah menghidupkan kembali penyelidikan yang terhenti tentang asal-usul Covid-19.

Kelompok yang terdiri dari 26 ahli akan ditugasi untuk menghasilkan kerangka kerja global baru untuk studi tentang asal-usul patogen yang muncul dari potensi epidemi dan pandemi dan tugas mereka termasuk SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Selain krisis Covid-19, semakin banyak patogen berisiko tinggi yang muncul atau muncul kembali dalam beberapa tahun terakhir, termasuk MERS, virus flu burung, Lassa, Marburg, dan Ebola.

WHO mengumumkan awal tahun ini, mereka akan membentuk Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Asal Usul Patogen Novel (SAGO).

"Munculnya virus baru yang berpotensi memicu epidemi dan pandemi adalah fakta alam, dan meskipun SARS-CoV-2 adalah virus terbaru, itu bukan yang terakhir. Memahami dari mana patogen baru berasal sangat penting untuk mencegah wabah di masa depan," kata kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dilansir dari Channel News Asia, Kamis (14/10).

Ke-26 anggota yang diajukan WHO dipilih dari lebih dari 700 bidang aplikasi dan diambil dari berbagai disiplin ilmu. Dan tim yang ditunjuk akan menjalani konsultasi publik selama dua minggu.

Mereka termasuk Christian Drosten, kepala Institut Virologi Berlin, Yungui Yang dari Institut Genomik Beijing, Jean-Claude Manuguerra dari Institut Pasteur Prancis, dan Inger Damon dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Beberapa ahli berada di misi ilmiah bersama WHO-China menyelidiki asal-usul Covid-19, Vladimir Dedkov, Farag Elmoubasher, Thea Fischer, Marion Koopmans, Hung Nguyen dan John Watson.

Dikerangka acuan tertulis, kelompok itu harus memberi WHO evaluasi independen dari semua temuan ilmiah dan teknis yang tersedia dari studi global tentang asal-usul Covid-19.

Itu juga harus memberi saran kepada badan kesehatan PBB untuk mengembangkan, memantau, dan mendukung rangkaian studi berikutnya tentang asal-usul virus. Itu bisa termasuk "nasihat cepat" tentang rencana operasional WHO untuk mengimplementasikan rangkaian studi berikutnya tentang asal-usul pandemi, dan saran tentang studi tambahan.

Pandemi telah menewaskan lebih dari 4,85 juta orang dan memukul perekonomian global sejak virus itu pertama kali terdeteksi di kota Wuhan di China pada Desember 2019.

Setelah banyak penundaan, tim pakar internasional WHO pergi ke Wuhan pada Januari 2021 untuk membuat laporan fase pertama, yang ditulis bersama dengan rekan-rekan mereka di China.

Laporan Maret mereka tidak menarik kesimpulan tegas, tetapi peringkat empat hipotesis.

Kemungkinan besar adalah virus itu melompat dari kelelawar ke manusia melalui hewan perantara, katanya. Itu menilai kebocoran dari laboratorium virologi Wuhan sangat tidak mungkin.

Namun, penyelidikan menghadapi kritik karena kurangnya transparansi dan akses, dan karena tidak mengevaluasi teori kebocoran laboratorium lebih dalam.

Pada bulan Agustus, China menolak seruan WHO untuk penyelidikan baru di lapangan tentang asal-usul Covid-19.

Pimpinan teknis WHO untuk Covid-19, Maria Van Kerkhove mengatakan, SAGO akan segera menilai apa yang sekarang diketahui, apa yang masih belum diketahui, dan apa yang perlu dilakukan dengan cepat.

"Saya mengantisipasi, SAGO akan merekomendasikan studi lebih lanjut di China dan kemungkinan di tempat lain. Tidak ada waktu untuk disia-siakan dalam hal ini," ujarnya.

Direktur kedaruratan WHO, Michael Ryan mengatakan, ini mungkin kesempatan terakhir untuk memahami asal usul virus ini secara perguruan tinggi.

Sebelumnya, Duta besar China untuk PBB di Jenewa, Chen Xu mengatakan kepada asosiasi koresponden PBB bahwa pekerjaan SAGO tidak boleh dipolitisasi.

"Jika kami akan mengirim tim ke tempat lain, saya yakin itu bukan ke China karena kami sudah dua kali menerima tim internasional. Sudah waktunya untuk mengirim tim ke tempat lain," tegasnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi