Perolehan DAK Dinas PU Palas 2022 Naik 150 Persen

Perolehan DAK Dinas PU Palas 2022 Naik 150 Persen
Kepala Dinas PU Kabupaten Padanglawas M Yani Pohan (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Perolehan Dana Alokasi Khusus ( DAK) Dinas Pekerjaan Umum ( PU) Pemerintah Kabupaten Padanglawas tahun 2022 meningkat dari tahun ini.

Kepala Dinas PU Padanglawas M Yani Pohan mengatakan, tahun 2021 DAK Pemkab Palas hanya sekitar Rp,15 miliar terdiri dari Rp,10,4 miliar meliputi Bidang Bina Marga dan Rp,4,7 miliar bidang Cipta Karya. Namun tahun ini DAK di Dinas PU mencapai Rp,35, 2 miliar terdiri dari bidang Bina Marga Rp,27 miliar dan air minum bidang Cipta Karya Rp,8,2 miliar.

" Ditaksir ada peningkatan perolehan DAK tahun 2022 sekitar 150 persen," kata M Yani Pohan kepada Analisadaily Kamis (14/10).

M Yani menjelaskan, dana Rp 27 miiar meliputi Bina Marga akan diprioritaskan untuk menuntaskan pembangunan peningkatan jalan hotmix ujung batu-pinarik sebagai proyek lanjutan.

" Penggunaan alokasi anggarannya sudah ada, dan kita harapkan tahun depan peningkatan jalan Ujung Batu menuju pinarik sudah tuntas, karena tahun ini juga ada pembangunan disana," kata M Yani.

Selain untuk hotmix jalan Ujung batu- Pinarik, sisanya nanti akan digunakan pembangunan jalan simpang provinsi menuju Padangkasior Kecamatan Barumun Barat.

" Peningkatan status jalan Padangkasior ini juga sangat penting mengingat akses menuju daerah ibu kota kecamatan," kata M Yani.

Sedangkan Bidang Cipta Karya meliputi air minum akan digunakan peningkatan sistem air bersih di wilayah Padanglawas. Diharapkan, setelah sistem air bersih dan fasilitas pendukung lainnya tuntas, maka akan bisa dijadikan sumber potensi PAD.

" Ini tentu nanti akan diatur dalam peraturan daerah, sehingga bisa menjadi sumber PAD," jelas M Yani.

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi