Alasan Sibuk, Anak Serahkan Orang Tuanya ke Panti Jompo

Alasan Sibuk, Anak Serahkan Orang Tuanya ke Panti Jompo
Trimah dan surat pernyataan ketiga anaknya saat menyerahkan orang tua mereka kepada pihak yayasan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Magelang - Sebuah surat yang berisi pernyataan anak saat menyerahkan orang tua mereka kepada sebuah yayasan penampung lansia viral di dunia maya.

Walau cepat beradaptasi dengan suasana di Griya Lansia Husnul Khatimah Wajak, Kabupaten Malang, Trimah (69) tetap berharap dijemput oleh ketiga anaknya.

"Di sini betah, tapi berharap segera dijemput," kata Trimah, dilansir dari detikcom, Minggu (31/10).

Trimah mengaku karena kesibukan tiga anaknya, dirinya harus diserahkan ke Griya Lansia untuk dirawat hingga akhir hayat.

Namun di sisi lain, perempuan tua asal Magelang itu juga kebingungan harus tinggal dengan siapa. Sebab ketiga anaknya juga hidup menumpang dengan mertua masing-masing.

"Anak perempuan ikut suami di Pekalongan. Mereka juga tinggal dengan mertua. Yang dua di Jakarta, di sana dicuekin," jelasnya.

Sebelum dibawa ke Griya Lansia, Trimah pernah diajak salah seorang anaknya tinggal di Jakarta. Selama hampir satu tahun di Jakarta, Trimah sehari-harinya dirawat orang yang memang didatangkan untuk mendampingi.

Sementara selama di Griya Lansia, sehari-harinya Trimah banyak menghabiskan waktu dengan beribadah. Salat dan mengaji diajarkan pengelola Griya Lansia sebagai kegiatan sehari-hari.

Dalam kesempatan itu, Trimah menunjukkan kemampuannya membaca ayat-ayat suci Al-quran.

Ketua Yayasan Griya Lansia Husnul Khatimah, Arief Camra, menegaskan pihaknya sanggup merawat Trimah bersama 59 lansia lainnya.

"Kami pastikan merawat dengan baik, sampai nanti sudah tutup usia. Sehari-hari kami banyak membimbing untuk beribadah, sebagai bekal mereka di masa tua," kata Arief.

Sebelumnya, surat pernyataan yang dibuat ketiga anak Trimah terkait penyerahan orang tuanya ke Yayasan Griya Lansia Husnul Khatimah viral.

Dalam suratnya, ketiga anak tersebut menyerahkan orang tuanya ke Yayasan Lansia dengan alasan sibuk.

Selain itu, surat tersebut juga berisi permintaan ketiganya kepada Griya Lansia Husnul Khatimah Malang untuk mengurus jenazah orang tuanya apabila meninggal dunia.

"Apabila orang tua kami meninggal dunia, maka kami menyerahkan proses pemakaman orangtua kami kepada Griya Lansia Husnul Khalimah," demikian salah satu keterangan dalam surat pernyataan tersebut.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi