Soksi Sumut Siap Menangkan Airlangga di Pilpres dan Usulkan Ijeck Cagubsu 

Soksi Sumut Siap Menangkan Airlangga di Pilpres dan Usulkan Ijeck Cagubsu 
Ketua Depidar II Soksi Sumut, Sangkot Sirait (kanan) (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Medan – Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) II Sentral Organisasi Karyawan Swadiro Indonesia (Soksi) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah melakukan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) di Hotel Polonia, Medan, Sabtu (30/10).

Ketua Depidar II Soksi Sumut, Sangkot Sirait mengatakan, ada 2 keputusan strategis yang sangat penting disampaikan pada hasil Rapimda. Pertama, Soksi Sumut sudah bulat siap mendukung dan memenangkan Airlangga Hartarto menjadi Presiden Republik Indonesia pada 2024.

“Karena pencalonan Pak Airlangga ini sudah diputuskan pada Munas Golkar dan Munas Soksi. Jadi, Soksi Sumut berkewajiban untuk merealisasikan keputusan-keputusan yang sudah diinstruksikan pusat,” kata Sangkot saat konferensi pers di Kantor Depidar II Soksi Sumut, Jalan Abdullah Lubis, Medan, Kamis (4/11).

Lalu keputusan strategis kedua, meminta dan mengusulkan kepada Partai Golkar agar Musa Rajekhsah atau Ijeck yang saat ini Ketua Golkar Sumut, yang juga menjabat Wakil Gubernur (Wagub) Sumut dicalonkan menjadi Calon Gubernur Sumut (Cagubsu) pada 2024. Sekaligus diputuskan juga seluruh kader Soksi Sumut berkewajiban selaku organisatoris untuk mendukung dan memenangkan.

“Keputusan itu diambil, tentunya banyak persepsi yang berbeda-beda. Mungkin ada yang bilang ini mau cari muka dan lain-lain. Saya jawab, bahwasannya ada 4 alasan penting kenapa Soksi menyepakati 2 keputusan strategis tersebut,” sebutnya.

Pertama, ucap Sangkot, berangkat dari tuntutan dan doktrin organisasi Soksi. Karena Soksi adalah organisasi pendiri Partai Golkar, kewajiban dan tugas Soksi mengawal untuk memenangkan Partai Golkar, maka perlu membuat bingkai kemenangan.

“Tidak bisa dipisahkan Soksi dengan Golkar. Diminta atau tidak, diterima atau tidak, sudah menjadi kewajiban kami mengawal dan membesarkan, serta memenangkan Partai Golkar, termasuk simbol-simbol partai. Ketua adalah simbol partai,” ucapnya.

Kedua, lanjutnya, untuk menjadi perhatian Partai Golkar. Kenapa perlu? Karena sangat simpatik dengan kesiapan Musa Rajekshah di tengah kesibukannya menjadi Wagub Sumut, masih mau mengurusi Partai Golkar.

“Kita sama-sama tahu bagaimana jerih payah beliau membesarkan Partai Golkar,” ujarnya.

Ketiga, untuk kemenangan Partai Golkar. Karena semangat kader akan lebih tinggi jika ketuanya yang diusung untuk dimenangkan. Keempat, Soksi berupaya membingkai satu prinsip untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan partai.

“Siapa yang masih keluarga besar Soksi, ketika lari dari keputusan Rapimda akan mendapat sanksi organisasi,” ungkapnya.

Sangkot menuturkan, peserta pada Rapimda berasal dari perwakilan 20 kabupaten kota, turut dihadiri Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) Soksi, yaitu Sekretaris Jenderal, Mukhamad Misbakhun, Ketua Umum, Ahmadi Noor Supit, dan Wakil Ketua Umum, ditambah utusan lembaga konsentrasi dan pengurus Soksi Sumut.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi