Dinkes Asahan Vaksin 570 Orang di Hari Kesehatan Nasional

Dinkes Asahan Vaksin 570 Orang di Hari Kesehatan Nasional
Tinjau vaksinasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kisaran - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57 tahun 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Asahan mengelar vaksinasi massal. 570 orang divaksinasi Covid dalam kegiatan dengan tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku” ini.

Kegiatan berlangsung di halaman Dinkes Asahan, Jalan Tusam, Kisaran, Jumat (12/11). Upacara peringatan HKN dilakukan secara virtual di Aula Melati, Kantor Bupati Asahan. Dilanjutkan vaksinasi massal, temu ramah Bupati Asahan, Surya, bersama Wakil Bupati, Taufik Zainal Abidin Siregar, dengan tenaga kesehatan, dan melakukan pemeriksaan kesehatan seperti cek gula darah gratis.

Surya menyampaikan, pada HKN ini dia berterimakasih kepada para tenaga kesehatan, mulai dari tingkat kabupaten hingga desa dan kelurahan yang bekerja tanpa henti, terlebih lagi dalam situasi pandemi Covid-19.

"Tenaga kesehatan tentunya menjadi garda terdepan pada saat pandemi ini, namun Covid-19 bukan hanya menjadi urusan insan kesehatan saja, tetapi tentunya hal ini menjadi tanggungjawab seluruh pihak," ujar Surya.

Lebih lanjut Surya mengatakan, target masyarakat di Kabupaten Asahan yang harus divaksin 75 persen sampai akhir tahun 2021. Tentunya untuk mencapai target vaksinasi, maka semua komponen harus bekerja sama melibatkan diri.

"Mari kita kerja sama mendorong masyarakat di Asahan untuk divaksin demi meningkatkan kekebalan komunal atau herd immunity. Dan kita juga jangan lengah, dengan protokol kesehatan dianjurkan oleh pemerintah demi untuk keselamatan dan kesehatan bersama, dan mari kita sama-sama berdoa agar pandemi Covid-19 ini hilang dari negeri kita," ujar Surya.

Pelaksanaan tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, dr Hari Sapna, menyampaikan bahwa peringatan HKN tahun 2021 ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19, serta memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penanganan Covid-19.

Sambung Hari Sapna mengatakan, pelaksanaan kegiatan peringati HKN ini adalah momentum penyatuan tekad dan semangat sehat, sebagaimana dengan tema Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku, untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia.

“Pada hari ini kami juga launching sms blast Covid- 19 yang bertitik koordinat di Kantor Bupati Asahan, RSUD HAMS Kisaran dan Irian Supermarket Kisaran. Dalam jarak 1 Km dari titik koordinat, setiap masyarakat akan mendapatkan notifikasi sms blast Covid-19 yang berisi tentang protokol kesehatan, vaksinasi Covid-19, dan info-info kesehatan lainnya," jelas Hari Sapna.

Dia juga menjelaskan, pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal di halaman dinas kesehatan diikuti 570 orang, selanjutnya pada tanggal 28 November 2021 mendatang juga akan dilaksanakan vaksinasi massal tahap pertama di Gedung Serbaguna Kisaran.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi