Vaksinasi Terhadap Lansia Terus Digencarkan di Sumatera Utara

Vaksinasi Terhadap Lansia Terus Digencarkan di Sumatera Utara
Petugas medis saat melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap seorang warga yang berusia lanjut, Selasa (23/11). (Antara/HO)

Analisadaily.com, Medan - Badan Intelijen Negara (BIN) gencar melaksanakan vaksinasi bagi kelompok lanjut usia (lansia) dengan mendatangi rumah-rumah warga di beberapa daerah di Sumatera Utara.

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Sumatera Utara, Brigjen Asep Jauhari Puja mengatakan, hari ini melaksanakan vaksinasi di Kabupaten Batu Bara dan Asahan.

Kata dia, ini sebagai upaya pemerintah untuk mempercepat kekebalan kelompok atau herd immunity dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Pelaksanaan vaksinasi lansia dengan sistem jemput bola sangat efektif dilakukan agar bisa segera mencapai target vaksinasi nasional," kata Asep dilansir dari Antara, Selasa (23/11).

Dia lanjut menjelaskan, BIN hadir menjadi solusi untuk permasalahan teknis seperti ini. Ia paham, bagi para orang tua hambatan yang kecil seperti antri di lokasi vaksin pun akan menyebabkan mereka tidak jadi divaksin.

"Padahal lansia adalah elemen masyarakat yang rentan dan bisa fatal bila terjangkit Covid-19 apabila tidak divaksin," sambungnya.

Selain menyediakan layanan vaksinasi dari rumah ke rumah, Badan Intelijen Negara Daerah Sumatera Utara juga menyelenggarakan pelayanan vaksinasi Covid-19 massal bagi pelajar di dua kabupaten tersebut.

"Untuk di Kabupaten Batu Bara ada 5.000 dosis vaksin dan di Asahan 1.000 dosis," paparnya.

Ia berharap kehadiran BIN akan menambah semangat pemerintah daerah khususnya tenaga kesehatan, TNI-Polri dan elemen masyarakat lainnya untuk terus berperang melawan Covid-19.

"Khususnya berperang melawan hoax yang dihembuskan untuk memperlemah kegiatan vaksinasi," katanya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi