4 Cara Merawat Rak Besi Agar Tahan Lama

4 Cara Merawat Rak Besi Agar Tahan Lama
Rak besi koleksi ACE Hardware (ACE Hardware)

Analisadaily.com, Medan - Rak besi merupakan salah satu perlengkapan multifungsi yang sudah menjadi bagian dari kebutuhan rumah tangga. Pasalnya, rak satu ini bisa Anda letakkan di mana pun, mulai dari area ruang tamu, dapur, kamar mandi, hingga taman.

Umumnya, rak besi memiliki desain yang elegan sehingga lebih mudah digunakan untuk berbagai tema ruangan. Selain itu, material rak ini juga disebut-sebut mempunyai ketahanan dan utilitas terbaik dari serangan rayap. Tidak heran bila rak ini kerap menjadi primadona para penghuni rumah.

Sayangnya, rak ini membutuhkan perawatan khusus dan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Apalagi, bahan besi lebih mudah bernoda dan berkarat. Nah, agar pemakaian rak besi bisa bertahan lama, mari simak cara merawatnya di bawah ini.

  1. Rutin membersihkan rak besi
Seperti perabotan lainnya, rak besi harus dibersihkan secara rutin agar tampilannya tetap terjaga. Apalagi, bila Anda menempatkan rak besi pada area yang lembab, seperti toilet dan area bumbu dapur.

Pastikan Anda membersihkannya setiap hari dengan memakai kemoceng dan lap microfiber untuk mengangkat debu dan kotoran yang menumpuk. Jadinya, rak besi terhindar dari karatan dan jadi lebih enak dilihat mata.

  1. Perhatikan lokasi penyimpanan
Karat pada rak besi biasanya terjadi karena kondisi lingkungan yang lembab. Pemicu utama karatan pada rak besi adalah suhu panas dingin yang tidak stabil. Maka dari itu, sebaiknya Anda memperhatikan lokasi penyimpanan dengan suhu ruangan yang standar dan tidak lembab.

  1. Gunakan pelapis anti karat
Rak besi juga bisa lapuk dan terkorosi. Biasanya, ini terjadi karena rak besi yang basah segera dikeringkan, maka lama kelamaan lapisan besi akan bereaksi dengan udara dan dapat menimbulkan karat.

Nah, untuk menghindari hal ini, Anda bisa melapisi permukaan rak besi dengan cat anti karat secara berkala setiap tiga bulan sekali. Cara ini dapat mencegah oksigen atau air berkontak langsung dengan rak besi.

  1. Sesuaikan dengan ukuran dan bobot beban rak besi
Meski rak besi kerap dinilai mempunyai tingkat kekuatan yang tinggi, tetapi bobot beban yang terlalu berat tetap akan membuat rak besi menjadi mudah rusak. Untuk itu, pastikan Anda meletakkan barang sesuai dengan ukuran dan bobot beban dari rak besi tersebut. Cara ini juga bisa membuat barang jadi lebih rapi, lho.

Nah, itu dia empat cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat rak besi agar tetap awet dan tidak kusam. Anda bisa menemukan beragam model rak besi berkualitas premium hanya di ACE online.

Selain menyediakan berbagai model rak, Anda juga bisa mendapatkan perlengkapan rumah tangga terbaik dengan berbagai promo ACE Hardware yang menarik. Selamat berbelanja.

Meski perawatannya terbilang mudah, tetap saja perawatan rak besi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan teknik perawatan yang tepat agar rak besi bisa bertahan lama.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi