Pentingnya Pembaharuan Sistem Informasi Akuntansi pada Perusahaan

Pentingnya Pembaharuan Sistem Informasi Akuntansi pada Perusahaan
Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) yang melaksanakan magang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Perusahaan yang bergerak di bidang apapun pada hakikatnya pasti memiliki sistem informasi akuntansi. Tujuannya untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sistem informasi akuntansi sendiri adalah perangkat yang berbentuk laporan keuangan, yang berguna untuk pengambilan keputusan perusahaan. Lalu, bagaimana dengan sistem informasi akuntansi yang diterapkan pada PT Trimitra Handaltama?

PT Trimitra Handaltama adalah perusahaan yang bergerak pada pengadaan barang dan jasa, khususnya sebagai penyedia barang alat-alat produksi barang, beralamat di Taman Alamanda Indah, Jalan Sakura Raya, Blok E-29, Tanjung Selamat, Medan, dipimpin Bambang Setiadi.

Berdasarkan hasil penelitian mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) terdiri dari Khofifah Aini, Widya Astuti, Putri Sandriani, Dewi Ayu Wulandari, dan Annisa Habibah. yang melaksanakan magang online pada PT Trimitra Handaltama.

"Hasil penelitian mahasiswa, PT Trimitra Handaltama masih menggunakan sistem informasi akuntansi secara manual, yaitu hanya menggunakan microsoft excel dan microsoft word, sehingga proses perhitungan lambat dan rentan terjadi kesalahan," kata Khofifah Aini, Selasa (28/12).

"Selain itu, lambatnya dalam melakukan pencarian data barang yang tersimpan, kesulitan dalam membuat laporan pengadaan barang dan laporan transaksi pengadaan barang, serta tidak adanya sistem yang berbasis komputerisasi dan belum menggunakan sistem database sehingga penyimpanan data tidak terintegransi," sambungnya.

Menurut Khofifah Aini, sumber daya manusia pada PT Trimitra Handaltama terdiri dari freelancer, sehingga banyak rangkapan tugas yang dikerjakan oleh para pekerja tetap ini membuat kinerja perusahaan kurang efektif.

"Berdasarkan pernyataan di atas seharusnya perusahaan perlu melakukan pembaharuan pada sistem informasi akuntansi perusahaan dan menambah para pekerja tetap agar perusahaan dapat mencapai tujuan perusahaan sebagaimana yang sudah diterapkan oleh perusahaan," tambahnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi