Menilik Strategi Pemasaran di Kantor Pos Medan

Menilik Strategi Pemasaran di Kantor Pos Medan
Mahasiswa Administrasi Bisnis FISIP USU melaksanakan magang di Kantor Pos Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) melaksanakan magang di Kantor Pos Medan guna mengetahui strategi pemasaran.

Dalam magang yang diikuti oleh beberapa mahasiswa Administrasi Bisnis FISIP USU yakni Brian Fransisco Nadapdap, Farhan Akbar Salim Rangkuti, Marza Maulana Rughasy, M. Rafli Ichsan Fahmi dan M. Wisnu Wijaya mempelajari terkait strategi pemasaran di Kantor Pos yang tertua di Kota Medan.

Kantor Pos Medan Pusat sebagai penyedia jasa layanan logistik juga mempunyai kelebihan, yaitu nilai sejarahnya. Di mana gedung Kantor Pos tersebut sudah berusia lebih dari seratus tahun. Terhitung dari mulai berdirinya pada tahun 1909.

Sejarah berdirinya perusahaan PT Pos Indonesia yang pertama kali didirikan di Batavia oleh Gubernur Jenderal Gustaf W Baron 26 Agustus 1746. Dan Setelah kemerdekaan Indonesia, menurut PP No. 240 Tahun 1961, dibentuklah perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN POSTEL).

"Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan masyarakat akan pelayanan jasa pos serta dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas usaha penyelenggaraan jasa pos dan giro. Maka, perum Pos dan Giro dirubah statusnya menjadi PT Pos Indonesia (Persero) yang diatur melalui PP No. 5 Tahun 1995, pada 27 Febuari 1995," kata ketua kelompok mahasiswa, Marza Maulana, Rabu (29/12).

Marza mengatakan, Kantor Pos Medan Pusat sebagai penyedia jasa layanan logistik sekaligus warisan budaya (heritage) di Kota Medan merupakan sebuah keuntungan yang membedakan dengan jasa logistik lainnya.

"Belum pernah ada penyedia jasa lain selain dari PT Pos sendiri yang mempunyai nilai warisan budaya di tempat kegiatan bisnis mereka," ucapnya.

Dengan mempunyai nilai lebih yang berbeda dengan lainnya, seharusnya PT Pos Indonesia terkhususnya di Kantor Pos Medan Pusat dapat mampu bersaing dengan perusahaan jasa lainnya. Menurut Marza, menilik dari strategi marketing mix, ada beberapa strategi pada Kantor Pos Medan.

"Pertama produk (product). Kantor Pos Medan mempunyai 2 jenis layanan yaitu jasa logistik (pengiriman barang) dan layanan finansial. Dari sisi produk, produk unggulan PT Pos sendiri yaitu Pos Express Dengan janji yaitu 'H+1sampai' setelah barang dikirimkan," ujarnya.

Harga, (price). Sebagai perusahaan di bawah naungan pemerintah, penetapan harga lebih murah dari pesaingnya. Terkadang ada event diskon biaya pengiriman pada hari-hari besar seperti Hari Kemerdakaan dan Ulang Tahun Kota Medan. Lokasi (place), Kantor Pos Medan saat ini sebagai ikon wisata di Kota Medan.

"Lokasi Kantor Pos Medan yang strategis yang berada di tengah kota dan disudut Jalan Kesawan didekat Lapangan Merdeka memudahkan para pelanggan untuk menemukan lokasinya," terang Marza.

Promosi (promotion) yaitu Kantor Pos Medan mempunyai 2 jenis, yaitu periklanan dan penjualan. Yang paling ditekankan di sini yaitu promosi periklanan melalui banner, spanduk, website maupun Instagram.

"Kemudian orang (people). Budaya perusahaan PT Pos Indonesia bernama 'AKHLAK' yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.Ini menunjukkan bahwa karyawan di Kantor Pos Medan sangat mendahulukan pelayanan yang dinamis, serta mampu bekerja sama dengan baik bagi karyawan lain maupun kepada pelanggan," jelas Marza.

Sarana Fisik (physical evidence), Kantor Pos Medan Pusat sangat memperhatikan lingkungan pada pelayanan dan kenyamanan konsumen seperti menjaga kebersihan toilet dan menjaga suhuruangan agar tetap nyaman saat melakukan kegiatan transaksi.

"Kantor Pos Medan merupakan sebuah gedung tua yang merupakan salah satu ikon kota Medan yang mempunyai keunikan tersendiri dimana tempat ini bisa menjadi destinasi wisata sekaligus menjadi penyedia produk jasa layanan," ucap Marza.

"Gedung yang dibuat oleh arsitek Belanda ini dilindungi oleh UU cagarbudaya yang gedungnya tidak boleh dirubah tetapi letak tata ruang dalamnya bisa diubah sesuai dengan kebutuhan oleh PT Pos sendiri," sambungnya.

Dan terakhir kata Marza adalah Proses (process) yaitu alur pemerosesan pada Kantor Pos Medan dilakukan secara detail dan terstandarisasi dengan baik. Mulai dari penerimaan paket, pengecekan hingga sampai ketangan konsumen.

"Dengan demikian dapat kita ketahui apa-apa saja strategi marketing mix pada Kantor Pos Medan. Diharapkan ke depannya PT Pos Indonesia dapat mampu terus berkompetisi dan memajukan perindustrian jasa logistik ditanah air," tandas Marza.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi