Peredaran Covid-19 Varian Delta dan Omicron Ciptakan Tsunami Kasus

Peredaran Covid-19 Varian Delta dan Omicron Ciptakan Tsunami Kasus
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus (ANTARA/Christopher Black/Organisasi Kesehatan Dunia/Handout via REUTERS)

Analisadaily.com, Jenewa - Peredaran Covid-19 varian Delta dan Omicron secara bersamaan menciptakan tsunami kasus. Hal ini dikatakan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus saat konferensi.

"Delta dan Omicron kini menjadi ancaman ganda yang meningkatkan kasus hingga menyentuh rekor, menyebabkan lonjakan rawat inap dan kematian," kata Tedros, mengutip Reuters, dilansir dari Antara, Kamis (30/12).

"Saya sangat khawatir bahwa Omicron, yang sangat menular dan menyebar berbarengan dengan (varian) Delta, menyebabkan tsunami kasus."

Tedros berulang kali menyerukan negara-negara agar berbagi vaksin secara lebih adil dan juga memperingatkan bahwa prioritas vaksin booster di negara-negara kaya dapat membuat negara-negara miskin kekurangan vaksin.

Menurut Tedros, WHO mendesak semua negara agar mencapai tingkat 70 persen vaksinasi pada pertengahan 2022, yang akan membantu mengakhiri masa genting pandemi.

Malam Tahun Baru akan menandai dua tahun China memperingatkan WHO tentang 27 kasus pneumonia virus misterius di Kota Wuhan.

Semenjak itu lebih dari 281 juta orang di seluruh dunia dilaporkan terinfeksi Covid-19 dan lebih dari 5 juta orang meninggal karenanya, menurut data Reuters.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi