Bobby Perketat Malam Tahun Baru di Medan

Bobby Perketat Malam Tahun Baru di Medan
Wali Kota Medan, Bobby Nasution (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Jelang malam pergantian tahun, Jumat (31/12), Wali Kota Medan, Bobby Nasution, akan memperketat pengawasan terhadap aktivitas masyarakat di luar rumah.

Bobby juga menegaskan bahwa salah satu yang akan diawasi adalah operasional tempat hiburan malam yang hanya boleh beroperasi hingga pukul 22.00 WIB.

"Sesuai dengan itu, menggunakan aturan PPKM level 1, (tempat hiburan) dibolehkan beroperasi dengan jam tidak lebih dari jam 10 malam," kata Bobby di Heritage Grand City Hall Medan, Kamis (30/12).

Sementara dalam upaya mencegah terjadinya kerumunan pada malam pergantian tahun, aparat gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP akan melakukan pengawasan ketat di sejumlah titik.

Selain itu, sebanyak 109 ruas jalan di Kota Medan akan disekat dan ditutup sehingga potensi berkerumun warga bisa ditekan.

Sejumlah lokasi yang biasanya menjadi pusat kerumuman antara lain di Lapangan Merdeka, Kesawan, Polonia, Kampung Madras dan Ring Road akan diawasi ketat.

"Tempat-tempat ini kita jadikan prioritas untuk dijaga agar tidak menimbulkan kerumunan," ucap menantu Presiden Joko Widodo itu.

Menurutnya dalam pengamanan malam tahun baru, Pemko Medan selain mengerahkan Satpol PP juga akan mendapat bantuan pengamanan dari 1.000 lebih personel polisi dan 653 tentara. Mereka semua akan disebar di berbagai titik Kota Medan.

"Selain itu, warga juga diimbau untuk merayakan pergantian tahun di rumah masing-masing dan sebisa mungkin menghindari kerumunan," tegasnya.

Sementara pesta kembang api disarankan untuk tidak dilakukan. Pemko Medan memang tidak secara tegas melarang pesta kembang api, namun harus dipastikan bahwa pesta tersebut tidak menimbulkan kerumunan.

"Tapi seperti biasanya dibuat di tempat terbuka, harus ada perhatian khusus dan tidak boleh ada kerumunan," tukas Bobby.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi