47 Persen Nasabah Bank Sumut Gunakan Layanan Digital

47 Persen Nasabah Bank Sumut Gunakan Layanan Digital
Pemimpin Bidang Pengembangan Produk Divisi Dana dan Jasa PT Bank Sumut, Hendy Arief (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pelayanan secara digital telah dilakukan untuk mempermudah para nasabah Bank Sumut melakukan transaksi. Bahkan, sudah 47 persen nasabah menggunakan pelayanan digital tiap bertransaksi.

Pemimpin Bidang Pengembangan Produk Divisi Dana dan Jasa PT Bank Sumut, Hendy Arief mengatakan, Bank Sumut sudah mempermudah nasabah dalam bertransaksi.

Produk digital Bank Sumut yakni Sumut Mobile, Sumut Card (EMoney), Sumut Debit, Sumut Tmoney (QRIS), Sumut Link, Estatement, Kredit Online, Sumut Net Individu dan QR Pay.

"Selain nasabah yang menggunakan digital, dalam bidang korporasi, BUMD maupun UMKM sudah 21 persen melakukan pelayanan digital ini. Seperti e-Pendidkan, e-PDAM, e-PAsar, QRIS/QREN Mercant, Pojok UMKM, SumutNet Corporate dan Sumut Link," katanya, Senin (3/1).

Untuk Pemda, sudah 32 persen menggunakan layanan digital. Pemda menggunakan digital untuk mempermudah pembayaran PAD maupun retribusi. Sedangkan dalam pengeluaran daerah dilakukan seperti subsidi dan bansoes, pembangunan dan rutin gaji PNS maupun modal kerja.

"Tahun 2021, jumlah transaksi untuk penerimaan PBB yang menggunakan layanan digital mencapai 945.156 transaksi, dengan nominal Rp3,2 triliun," ujarnya.

Transaksi tersebut dikatakannya yakni melalui teller ATM mobile banking/agen Bank Sumut berjumlah 867.643 dengan nilai Rp 3,2 triliun. Sedangkan menggunakan Gopay 4.615 transaksi dengan nilai Rp 1,8 miliar, dari Pos Indonesia 10.522 transaksi dengan nilai Rp 5 miliar.

"Sedangkan yang menggunakan mercant (Indomaret, Alfamart) dan virtual account lainnya (OVO, LinkAja, Tokopedia, Blibli, Bukalapak dan beberapa lainnya) 62.376 transaksi dengan nilai Rp 57 miliar," katanya.

Sedangkan untuk agen Sumut Link, share fee untuk agen sebesar 80 persen. Ini membuktikan bahwa Bank Sumut benar benar banknya orang Sumut.

"Maka dengan satu genggaman, kita bisa melakukan semua transaksi melalui Sumut Mobile," pungkasnya.

Tak kalah dengan bank lain, dengan Sumut Mobile juga bisa melakukan pembelian token listrik pulsa dan lain sebagainya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi