6 Kru Kapal Positif Covid-19 Dirawat di RS Royal Prima

6 Kru Kapal Positif Covid-19 Dirawat di RS Royal Prima
Ilustrasi (Pixabay)

Analisadaily.com, Medan - Guna mengantisipasi masuknya varian Covid-19 Omicron, sebanyak 6 orang kru kapal harus diisolasi ke Rumah Sakit Royal Prima. Di mana, 6 kru kapal itu positif Covid-19.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr Aris Yudariansyah menyampaikan, dari hasil pemeriksaan swab terhadap 6 orang ini juga terkonfirmasi positif Covid-19.

"Keenamnya saat ini sudah dirawat di RS Royal Prima Medan. Hasil pemeriksaan swab mereka positif Covid-19," katanya, Rabu (19/1).

Aris menuturkan, untuk mengantisipasi penyebaran Omicron di Sumut, hasil swab sudah dikirim ke BTKLPP Medan untuk selanjutnya dikirim ke laboratorium guna dilakukan pemeriksaan terhadap S-gene Target Failure (SGTF) maupun Whole Genome Sequencing (WGS).

"Hal ini untuk memastikan, apakah varian Covid-19 yang menginfeksi keenamnya merupakan Omicron atau tidak," tuturnya.

"Jadi belum bisa kita pastikan apakah mereka (terkena) Omicron atau tidak," sambung Aris.

Aris menjelaskan, untuk kondisi 6 kru kapal itu dirinya mengaku belum mendapatkan informasi lanjut. Namun karena belum ada laporan, bisa saja 6 pasien saat ini dalam kondisi baik.

"Coba cek ke Royal Prima, sepertinya (kondisinya) ringan," jelasnya.

Aris menerangkan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap 6 kru kapal dilakukan pada Senin (17/1) pukul 11.00 WIB dengan hasil yang didapatkan pada pukul 17.00 WIB. Sebelumnya kapal mereka bersandar ke Sumut pada Jumat (14/1) setelah sebelumnya melakukan perjalanan dari India.

Aris juga mengimbau kepada masyarakat jangan panik, dan tetap patuhi protokol kesehatan (prokes).

"Masyarakat kami minta agar tidak panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan," imbaunya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi