PLN dan Thong Langkat Energi Tandatangani Berita Acara COD PLTM Batu Gajah

PLN dan Thong Langkat Energi Tandatangani Berita Acara COD PLTM Batu Gajah
PLN dan Thong Langkat Energi tandatangani berita acara COD PLTM Batu Gajah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut) bersama Thong Langkat Energi melakukan penandatanganan Berita Acara Comercial Operation Date (COD) untuk Pembangkit Listrik berbahan bakar Energi Baru Terbarukan (EBT) yakni PLTM Batu Gajah.

Pertemuan dihadiri langsung General Manager PLN UIW Sumut, Pandapotan Manurung, Senior Manager (SRM) Perencanaan, Reny Wahyu Setiaswan, SRM Distribusi, Didik Wicaksono, Direktur Utama Thong Langkat Energi, Anton Raharjo, Komut Thong Langkat Energi, Yan Biao yan, General Manager Thong Langkat Energi, Berman Pasaribu, dan Komisaris Bina Mitra, Herman Jaya.

PLTM Batu Gajah memanfaatkan energi air sebagai bahan penggerak untuk membangkit tenaga listrik yang dengan kapasitas 2x5 MW (Megawatt). PLTM Batu Gajah yang baru beroperasi ini berada di Desa Desa Empus dan Desa Lau Damak, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Dengan beroperasinya pembangkit ini maka akan menambah pula realisasi pemerintah untuk menghadirkan Green Energi serta mendorong percepatan terwujudnya gerakan Zero Carbon 2060.

Pandapotan Manurung mengucapkan selamat kepada Thong Langkat Energi atas beroperasinya PLTM Batu Gajah, sehingga dapat berkontribusi dalam membangun kehandalan listrik di Sumut, serta menambah pembangkit dengan bauran energi ramah lingkungan.

Keberadaan pembangkit ini juga diharapkan dapat dirasakan langsung oleh warga sekitar dengan langsung masuk pada sistem distribusi 20 kV. Selain menambah keandalan sistem, kehadiran pembangkit juga diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta mendorong efisiensi biaya pembelian tenaga listrik di Sumut.

“Saya ucapkan selamat atas selesainya pembangunan PLTM Batu Gajah. Saya harap pembangkit ini andal dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” kata Pandapotan, Rabu (19/1).

Direktur Utama Thong Langkat Energi, Anton Rahardjo, menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh PLN UIW Sumut. Meskipun dalam pelaksanaan pembangunan terdapat kendala-kendala di lapangan, namun berkat koordinasi serta kolaborasi yang baik, sehingga PLTM Batu Gajah dapat diselesaikan.

“Kami berharap komunikasi serta kerja sama ini dapat terus berjalan dengan baik, sehingga tidak terdapat kendala dalam pengoperasiannya nanti,” ucap Anton.

Di akhir acara Pandapotan menyampaikan agar Thong Langkat Energi tetap memberikan performa terbaik, sehingga tetap bisa memberikan yang terbaik bagi seluruh pelanggan PLN.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi