Kasus Omicron di Indonesia Diperkirakan Sudah Lebih dari Seribu

Kasus Omicron di Indonesia Diperkirakan Sudah Lebih dari Seribu
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (Detik.com)

Analisadaily.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkap kasus Omicron di Indonesia terus meningkat.

Peningkatan ini masih didominasi pelaku perjalanan luar negeri yang teridentifikasi positif Covid-19 Omicron.

"Mengenai Omicron itu, saya kira kemarin angkanya udah lebih 1.000 dan tadi saya baru dapat laporan lagi bahwa banyak yang datang dari luar negeri. Ada tadi satu kelompok, satu kloter itu 44 persen itu kena Omicron atau Covid-19," kata Luhut, dilansir dari detikcom, Kamis (20/1).

Dengan tren Omicron yang terus merangkak naik, Luhut mewajibkan masyarakat disiplin, bahkan menunda rencana bepergian ke luar negeri.

Menurutnya masyarakat lebih aman membatasi aktivitas di luar rumah, usai jumlah transmisi lokal Omicron juga terus bertambah.

"Jadi saya ingin imbau lagi apa yang disampaikan presiden, upaya jangan keluar negeri dulu kalau tidak penting amat selama 3 minggu ke depan ini," imbau Luhut.

Luhut menjelaskan tidak ada dispensasi aturan terkait Covid-19 untuk setiap orang, termasuk para pejabat.

"Sampai sekarang ini Omicron yang terbanyak di Indonesia dari luar. Saya ulangi sampai kemarin itu omicron terbanyak itu dari luar negeri," tuturnya.

"Omicron adalah musuh bersama, jadi jangan ada mempersoalkan ini (soal jabatan dan pangkat), nggak ada disini. Jadi kita harus kompak melihat ini, ini ada musuh bersama," jelasnya.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi