Diundang Hadiri Munas Wushu

Master Supandi Dinobatkan Bapak Taiji Indonesia

Master Supandi Dinobatkan Bapak Taiji Indonesia
Pendiri Wushu Sumut Master Supandi Kusuma saat menerima kunjungan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) di kediamannya (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, medan - Pendiri Wushu Sumut Master Supandi Kusuma yang juga pemilik Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI) Medan menerima kunjungan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) di kediamannya di Medan, Minggu (23/1) siang.

Master Supandi didampingi Ketua Umum Pengprov WI Sumut Darsen Song dalam kesempatan tersebut menerima undangan dari Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto yang disampaikan Sekretaris Jendral Ngatino.

“Kehadiran kami hari ini adalah mengundang Bapak untuk menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Wushu Indonesia di Hotel JS Luwansa Jakarta, 27-28 Januari 2022,” ujar Ngatino yang hadir bersama Ketua Bidang Organisasi PB WI Drs Chairul Azmi Hutasuhut MPd, Wakil Sekjend Iwan Kwok dan Wakil Binpres DR Novita.

Ngatino lebih lanjut menjelaskan, agenda utama Munas adalah untuk memilih Ketua Umum PB WI periode 2022-2026.

Namun di sela acara tersebut, tambahnya, pihaknya telah mengagendakan acara khusus memberi pin emas kepada para mantan Ketua Umum PB WI, termasuk Master Supandi Kusuma yang memimpin induk organisasi mulai 2004-2009, 2009-2013 dan 2013-2017.

Bapak Taiji

Selain itu, PB WI juga mengusulkan penghargaan khusus kepada Master Supandi Kusuma dinobatkan sebagai Bapak Taiji Indonesia.

Usulan ini, tambah Ngatino nantinya akan disampaikan dan menjadi agenda dalam Munas yang akan diikuti seluruh perwakilan Pengrov Pengprov WI se-Indonesia.

Penganugrahan Bapak Taiji ini menurut Ngatino sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan pengabdian Master Supandi Kusuma, yang sejak Wushu didirikan Tahun 1994 sudah ikut bersama para pendiri wushu tanah air melakukan pembinaan sehingga melahirkan atlet -atlet berprestasi internasional, khususnya di nomor taiji.

Sama diketahui, di antara atlet taiji binaan Master Supandi Kusuma yakni Jainab (medali perak Kejuaraan Dunia 1995 di Baltimore, Amerika Serikat), Dwi Arimbi Lubis (medali emas PON 2008), Lindswell (Juara Dunia Junior 2008 di Bali, Juara Dunia Senior 2009 di Kanada 2009, 2013 di Malaysia 2013, 2015 di Indonesia, Medali emas SEA Games Jakarta 2011, Myanmar 2013, Singapura 2015 dan Malaysia 2017, Medali Emas Medali Emas Asian Games 2018 Jakarta, Freddy medali emas SEA Games 2007 di Nakhon Ratchasima Thailand.

Master Supandi juga melahirkan pewushu taiji andal seperti Fredy Wijaya (juara dunia taiji di Tiongkok 2014), dan Nicholas (sedang mengikuti Pelatnas).

Selain pewushu Taiji, dimasa kepemimpinan Master Supandi Kusuma, banyak lahir juara juara dunia seperti Charlses Sutanto (2015), Juwita Niza Wazni (2015 dan Asian Games 2014), serta juara juara internasional lainnya seperti Harris Horatius dan lainnya.

Master Supandi Kusuma dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan undangan pengurus PB WI.

Penyandang Gelar DAN VIII Wushu Internasional ini juga menyebutkan akan memenuhii undangan untuk menghadiri Munas PB WI.

(MP/JG)

Baca Juga

Rekomendasi