Wakil Ketua KPK Ingatkan Gubsu Jangan Sampai 'Hattrick'

Wakil Ketua KPK Ingatkan Gubsu Jangan Sampai 'Hattrick'
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata (Detik.com)

Analisadaily.com, Medan - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, mengingatkan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) agar jangan sampai tertangkap untuk ketiga kalinya.

Alex menyampaikan hal tersebut ketika menghadiri pencanangan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Pemprov Sumut.

Acara tersebut turut dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekhshah dan sejumlah pejabat lainnya.

"Ada pengalaman pahit untuk Sumut yang kepala daerahnya dua kali ditangkap KPK. Jangan ada hattrick lagi ya, Pak," kata Alex dilansir dari detikcom, Rabu (23/2).

Alex menyebut ada kebiasaan di Sumut untuk melakukan suap kepada kepala daerah. Sehingga, kata dia, muncullah sebutan di Sumut 'semua urusan memakai uang tunai'.

"Sumut, segala urusan memakai uang tunai. dan disampaikan rasa-rasanya tidak ada perasan risi," ujar Alex.

Tak hanya itu, Alex juga menyinggung soal istilah 'Ini Medan, Bung' yang sering diucapkan oleh warga Sumut, khususnya di Kota Medan. Menurutnya istilah ini seolah membuat ada peraturan yang berbeda soal korupsi.

"Seolah-olah beda peraturan di Medan," tuturnya.

Oleh sebab itu Alex mengingatkan Edy Rahmayadi soal integritas di pemerintahan dapat terwujud jika dimulai dari pimpinannya. Dia juga meminta agar pembangunan integritas wilayah ini turut melibatkan masyarakat.

"Pembangunan zona integritas bukan hanya cuma PR bapak/ibu saja, tapi juga masyarakat. Masyarakat itu juga kita ajak, kita didik, supaya berintegritas juga," jelasnya.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi