Dampak Perang Ukraina-Rusia Terhadap Petani Perancis

Dampak Perang Ukraina-Rusia Terhadap Petani Perancis
Presiden Perancis, Emmanuel Macron (Reuters)

Analisadaily.com, Paris - Perang di Ukraina dan sanksi berat yang diambil negara-negara barat kepada Rusia memberikan dampak terhadap para petani Perancis.

Presiden Perancis, Emmanuel Macron, menyebut perang antara Rusia dan Ukraina memiliki konsekuensi jangka panjang dan serius bagi sektor pertanian negaranya yang terbesar di Uni Eropa.

"Jika Anda meminta saya untuk berbagi satu keyakinan dengan Anda pagi ini, krisis ini akan tetap ada, perang ini akan tetap ada," kata Macron, dilansir dari Reuters, Sabtu (26/2).

Pembatasan perdagangan akibat sanksi Uni Eropa terhadap Rusia akan membebani ekspor Perancis seperti anggur dan biji-bijian. Sementara kenaikan harga pangan yang segera terjadi akan memukul sektor peternakan.

"Kami sedang membangun rencana ketahanan," jelas Macron sembari memaparkan langkah-langkah yang akan diambil untuk melindungi petani dari tekanan harga dan mengkompensasi pendapatan yang hilang.

Lonjakan harga komoditas pertanian tahun lalu telah menguntungkan para petani, tetapi menekan para peternak yang harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk pakan ternaknya.

Sementara krisis di Ukraina telah meningkatkan volatilitas di pasar pertanian Perancis. Terbukti, harga gandum di Paris mencapai rekor tertinggi pada hari Kamis.

Para petani juga khawatir krisis tersebut akan memperburuk pasokan pupuk dan mengganggu musim tanam.

Pameran pertanian tahunan di Paris, Salon de l'Agriculture, yang diadakan kurang dari dua bulan sebelum putaran pertama pemilihan presiden, menarik perhatian kandidat untuk menggalang simpati.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi