FAPDes-BRI Berkolaborasi Beri Pendampingan ke KPPI Belawan

FAPDes-BRI Berkolaborasi Beri Pendampingan ke KPPI Belawan
Pengurus AFDes saat beraudiensi ke kantor Dinas PMD Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Forum Akademisi dan Praktisi Desa (FAPDes) berkolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), untuk memberi pendampingan terhadap Kesatuan Perempuan Pesisir Indonesia (KPPI) Belawan.

Sebab sebelumnya, tim FAPDes terdiri Asmara Wildani, Ahmad Fauzi dan Mangasi Butarbutar, telah melakukan pemetaan kendala yang dihadapi KPPI Belawan dalam mendorong produksi dan pemasaran produk ikan yang dihasilkan.

Kolaborasi dengan Bank BRI Wilayah dan Bank BRI Unit Belawan selain pendampingan tersebut, juga melakukan diskusi langsung dengan pengurus dan anggota KPPI Belawan, yang dihadiri Ketua KPPI Belawan Nilawaty dan sejumlah anggota lainnya.

Perwakilan Bank BRI Wilayah dan tim BRI Unit Belawan, Tumpal Pangaribuan, dalam pemaparannya mengatakan program tersebut juga berkerja sama dengan Pemko Medan dalam menyalurkan pendanaan untuk membeli peralatan dasar yang dibutuhkan anggota KPPI dalam memproduksi Abon Ikan, Kerupuk Ikan dan produk lainnya.

"Para pengurus dan anggota KPPI Belawan menceritakan kendala yang mereka hadapi, mulai dari produksi hingga pemasaran," kata Tumpal, Rabu (16/3).

Melalui diskusi tersebut diketahui KPPI Belawan belum melakukan standarisasi produk, sehingga produk KPPI Belawan sulit menembus pasar, apalagi pasar modern.

Perwakilan FAPDes, Asmara Wildani, menambahkan FAPDes akan merumuskan materi pendampingan yang akan disampaikan FAPDes ke KPPI Belawan, baik mengenai tehnik produksi, teknologi yang digunakan, standarisasi, dinamika kelompok hingga pemasaran.

"Model pendampingan seperti apa yang bisa diberikan FAPDes tentu akan kami kaji dengan segera. Kami akan petakan dulu kepakaran yang dimiliki FAPDes yang bisa memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh KPPI Belawan. Kalau masih dibutuhkan informasi tambahan, kami akan diskusi yang lebih intens lagi dengan pengurus dan anggota KPPI Belawan," ujar Asmara Wildani.

Sebelumnya sejumlah pengurus FAPDes yakni Cahyo Pramono, (Pengawas FAPDes), Rini Indahwati, (Ketua Umum FAPDes), Anggia Putri Lubis (Ketua Bidang Kelembagaan Desa & Kerjasama FAPDes) dan Junita Putri Rajana Harahap (Bendahara FAPDes), beraudiensi ke kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Dinas PMD Sumut, Hendra Dermawan Siregar, mendukung penuh Gebyar Produk dan Jasa Unggulan Desa yang akan digelar FAPDes. Dinas PMD Sumut dan FAPDes berkomitmen untuk saling berkolaborasi dalam program-program pembangunan desa.

"Gebyar Produk dan Jasa Unggulan Desa sangat membantu kita dalam hal mempromosikan produk dan jasa yang dihasilkan desa. Kita berharap kontribusi pendampingan dari FAPDes untuk meningkatkan kemajuan desa-desa yang ada di Sumut, terutama Desa Wisata. Dinas PMD Sumut dan FAPDes akan segera MoU," ujarnya.

Ketua Umum FAPDes, Rini Indahwati, FAPDes mengapresiasi sambutan dan kerja sama Dinas PMD Sumut yang mendukung program kerja ini. "Kita apresiasi sambutan Kepala Dinas PMD Sumut, semoga ke depan semakin baik, dan kita sambut positif kesediaan Dinas PMD untuk menandatangani MoU dalam waktu dekat ini," ungkapnya.

(WITA/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi