Digitalisasi UMKM, Pemprov Lampung Gandeng Tokopedia

Digitalisasi UMKM, Pemprov Lampung Gandeng Tokopedia
Penandatanganan MOU antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dengan Tokopedia oleh Gubernur Arinal Djunaidi serta Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Lampung - Bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Provinsi Lampung ke-58, dilakukan penyematan Duta Bangga Buatan Indonesia (BBI) oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto kepada Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, dan Wakil Gubernur, Chusnunia.

Pada kegiatan yang berlangsung Kamis, 17 Maret 2022, juga diselenggarakan Kick Off BBI #Lagawifest 2022. Penyematan Duta BBI kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terkait dengan komitmen pemerintah daerah dalam kampanye Gerakan Nasional (Gernas) BBI.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan MOU antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dengan Tokopedia yang dihadiri secara langsung oleh Gubernur Arinal Djunaidi serta Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.

Terkait Kick Off Gerakan Nasional BBI, Gubernur Arinal menjelaskan, Gernas BBI telah secara resmi diluncurkan pertama kali pada 14 Mei 2020. Pada tahun ini Provinsi Lampung sebagai movement area atas penyelenggaraan Gernas BBI.

Gernas BBI Tahun 2022 di Provinsi Lampung mengangkat tema “Satu Bumi Juta Karya”, melalui event Lampung Begawi Festival atau Lagawi Fest. Lampung merupakan provinsi ke-5 di Pulau Sumatera yang ditunjuk sebagai Host Gernas BBI 2022 setelah Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung.

"Kita patut berbangga, karena Lampung merupakan provinsi ke-5 di Pulau Sumatera yang ditunjuk sebagai Host Gernas BBI tahun 2022," kata Arinal.

Arinal berharap, diselenggarakannya Gernas BBI di Lampung, bisa mendorong "national branding" dari produk lokal Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) unggulan Lampung.

"Sehingga menciptakan industri, kreasi, dan inovasi baru, serta pasar yang lebih besar bagi IKM dan UKM di Provinsi Lampung," ucapnya.

Akselerasi Transformasi Digital

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menyampaikan, merupakan suatu kebanggaan bagi Tokopedia untuk dapat terlibat kolaborasi dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI dan Pemprov Lampung dalam mengakselerasi transformasi digital para pegiat IKM dan UMKM lokal.

"Salah satu upaya yang akan ditempuh adalah pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan secara rutin bagi IKM dan UMKM Lampung oleh Tokopedia bersama Pemprov Lampung ke depannya," terang Astri.

Diungkapkannya, upaya kolaborasi ini juga sejalan dengan inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang berupaya mendorong sebanyak-banyaknya IKM dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

"Tokopedia berharap melalui program pelatihan bersama Pemprov Lampung ini dapat mendorong produk IKM dan UMKM lokal agar menjadi pilihan utama masyarakat untuk kita bisa bangkit bersama serta mendorong pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya.

Langkah Awal

Penandatanganan MoU Tokopedia dengan Provinsi Lampung merupakan sebuah langkah awal dari berbagai kerja sama Tokopedia bersama Provinsi Lampung dalam pengembangan UMKM.

Sebagai Top Brand, Tokopedia akan melakukan beragam aktivasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan maupun Dinas Koperasi dan UKM untuk terus mendukung pelaku IKM dan UMKM di Provinsi Lampung.

(RZD/JG)

Baca Juga

Rekomendasi