Keluarga Ricketts Menarik Diri dari Perlombaan Membeli Chelsea

Keluarga Ricketts Menarik Diri dari Perlombaan Membeli Chelsea
Fans Chelsea di Stamford Bridge (Action Images via Reuters/Peter Cziborra/Files)

Analisadaily.com, London - Sebuah konsorsium yang dipimpin pemilik Chicago Cubs, keluarga Ricketts, telah menarik diri dari pencalonan untuk membeli klub Liga Premier Chelsea.

"Menjadi semakin jelas masalah tertentu tidak dapat diatasi mengingat dinamika yang tidak biasa di sekitar proses penjualan. Kami sangat mengagumi Chelsea dan para penggemarnya, dan kami berharap pemilik baru baik-baik saja," kata mereka dalam sebuah pernyataan dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Jumat (15/4).

Sebelumnya, Chelsea Supporters' Trust (CST) mengatakan pada Sabtu (2/4) 77 persen anggotanya tidak mendukung tawaran keluarga Ricketts untuk klub Liga Premier, setelah reaksi penggemar atas pernyataan rasis sebelumnya oleh anggota keluarga.

Ricketts, yang memiliki tim bisbol Chicago Cubs, telah dimasukkan dalam daftar pendek untuk membeli klub London.

CST, yang mencari pengaruh lebih besar di klub tetapi tidak memiliki kursi di dewan atau kekuatan untuk memveto keputusannya, mengatakan minggu ini bahwa keluarga harus menunjukkan bagaimana mereka akan mengatasi kekhawatiran pendukung berkaitan dengan inklusivitas.

Pada hari Sabtu dikatakan survei anggotanya menunjukkan lebih dari tiga perempat menentang tawaran Ricketts dan 72 persen tidak memiliki keyakinan bahwa keluarga akan menjalankan klub inklusif.

"Sangat penting pemilik baru Chelsea FC memiliki kepercayaan dari basis pendukung dan menunjukkan pemahaman tentang nilai-nilai yang kami perjuangkan. Saat ini, jelas bahwa keanggotaan kami tidak mendukung atau tidak percaya pada tawaran keluarga Ricketts untuk klub," kata CST.

Sebagai tanggapan, keluarga menegaskan kembali mereka berkomitmen untuk inklusivitas dan telah bertemu dengan banyak kelompok penggemar Chelsea dan jika tawarannya berhasil, mereka siap untuk membuat berbagai komitmen kepada klub dan penggemar.

"Kami percaya ini menjangkau jauh dan tentu saja termasuk komitmen mutlak dari pihak Keluarga Ricketts dan tim penawaran untuk menempatkan keragaman dan inklusi di jantung klub," katanya. Itu membuat komentar serupa dalam sebuah pernyataan pada 23 Maret.

"Kami menantikan lebih banyak pertemuan, termasuk dengan Chelsea Supporters' Trust, dalam beberapa hari mendatang dan untuk membuat pernyataan publik tentang nilai dan komitmen kami," tambahnya.

CST mengatakan mereka akan mensurvei anggota mereka lagi jika keluarga Ricketts "secara terbuka menetapkan rencana yang jelas dan terperinci tentang bagaimana mereka akan mengatasi masalah dukungan".

Chelsea disiapkan untuk dijual oleh miliarder Rusia Roman Abramovich sebelum sanksi dijatuhkan pada oligarki oleh pemerintah Inggris, yang secara efektif memberinya kendali atas klub.

US Bank Raine Group mengawasi penjualan dan pemenang tender juga harus disetujui oleh pemerintah.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi