8 Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Baru

8 Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Baru
Smartphone Realme 7 Pro (Net)

Analisadaily.com, Medan - Memilih smartphone baru untuk dibeli bisa menjadi tugas yang rumit. Terlebih lagi jika Anda menginginkan Android. Karena ratusan model dengan spesifikasi berbeda akan keluar setiap tahunnya. Hal ini akan semakin menyulitkan Anda.

Tidak perlu terburu-buru memilih karena harga handphone yang tergolong mahal, mengharuskan Anda lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan yang tepat.

Memilih telepon seluler juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja Anda gamers, maka carilah smartphone yang memiliki prosesor khusus untuk gaming seperti realme 7 pro. Karena dilengkapi dengan SnapDragon 720G dengan fabrikasi 8 nm, menghasilkan pengalaman gaming lancar dan menyenangkan.

Berikut ini adalah 8 tips penting sebelum membeli smartphone baru:

1. Prosesor

Seperti halnya dengan komputer, prosesor ponsel memiliki andil yang cukup besar dalam seberapa baik smartphone dapat bekerja dan melaksanakan tugasnya. Karena prosesor merupakan otak atau pusat dari segala kegiatan. Kecepatan smartphone juga ditentukan oleh kapasitas prosesor.

Semakin besar kapasitas, maka semakin cepat pula kegiatan yang dilakukan oleh benda canggih ini. Apalagi jika yang Anda lakukan tidak hanya untuk menelusuri web, namun untuk bermain game dan mengerjakan multi tugas. Maka, prosesor yang berkinerja baik sangat Anda butuhkan.

2. Qualcomm

Pembuat chip Android terbesar dan terpenting adalah Qualcomm. Salah satu produknya adalah Snapdragon. Snapdragon adalah System Of Chip tercanggih saat ini yang memiliki komponen saling terkait dengan beberapa bagian penting dalam smartphone.

Seperti pemroses data, tampilan gambar visual, konektor internet, sistem keamanan, audio dan sistem keamanan. Qualcomm umumnya memiliki beberapa seri seperti seri 7 dan seri 6. Semakin tinggi serinya, maka semakin baik pula System Of Chip sebuah smartphone.

3. MediaTek

Selain Qualcomm, MediaTek adalah perusahaan lain yang memasok chip untuk smartphone Android. Salah satu chipset kelas atas atau flagship adalah Dimensity 1200. Karena memiliki keunggulan seperti kecepatan data 5G, performa jaringan hingga konsumsi daya yang sedikit.

Telepon seluler dengan chip ini biasanya memiliki harga yang cukup menguras kantong. Namun jika Anda menginginkan smartphone kelas menengah, pilihlah hp dengan seri Helio. Meskipun tidak bekerja lebih baik dari Dimensity, namun kualitasnya dapat diandalkan.

4. Penyimpanan

Sebenarnya penyimpanan tidak terlalu berkaitan dengan kinerja ponsel Anda, namun lebih terkait dengan seberapa banyak data yang dapat Anda simpan di dalamnya.

5. Daya Tahan Baterai

Tips selanjutnya sebelum Anda membeli smartphone adalah ketahanan baterai. Daya tahan baterai adalah salah satu fitur terpenting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli smartphone baru.

Jangan tertipu jumlah mAh tinggi yang ditawarkan. Karena jumlah mAh tinggi tidak berarti siklus masa pakai baterai yang lebih lama. Karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Seperti spesifikasi tampilan, penggunaan jaringan dan layar dengan resolusi lebih tinggi biasanya mengonsumsi lebih banyak energi. Pilihlah smartphone dengan prosesor terbaru karena memiliki daya tahan batre yang lebih lama.

6. Tentukan Budget

Sebelum memutuskan membeli smartphone, tentukan budget sesuai kemampuan dan pilih yang sesuai kebutuhan Anda. Jangan membeli handphone yang tidak dibutuhkan, walaupun fitur yang ditawarkan oleh model tertentu menarik seperti yang dimiliki oleh para vlogger. Karena percuma, fitur tersebut kemungkinan tidak Anda gunakan.

Cukup bandingkan harga sesuai budget beberapa merek dan model yang berbeda. Kemudian pilih smartphone yang terbaik dari sisi spesifikasi dan desain. Anda juga dapat membaca beberapa review pembeli terkait produk, agar bisa menentukan keputusan terbaik sebelum membeli smartphone yang diinginkan.

7. Kamera

Kualitas kamera menjadi semakin penting pada zaman sekarang. Karena orang banyak menggunakan ponsel mereka untuk fotografi dan videografi, apalagi semenjak masifnya perkembangan media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Jumlah megapiksel, autofokus, stabilisasi optik, mode manual, dan fitur selfie khusus: smartphone sengaja dibuat semakin mirip dengan kamera digital. Tetapi sulit untuk benar-benar mengetahui kualitas kamera, kecuali dengan menggunakannya. Solusinya, Anda dapat meminjam handphone teman Anda dengan model dan merek yang diinginkan, lalu cobalah untuk mengambil beberapa jepretan. Jika tidak ada, Anda dapat membaca reviewnya di internet.

8. Desain

Tips terakhir, yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli smartphone adalah desain. Walaupun bersifat subjektif karena selera setiap orang berbeda, bukan berarti memilih desain hp tidak penting. Pilihlah desain yang mewakili kepribadian Anda. Jika Anda termasuk pribadi yang simple, Anda dapat memilih desain yang terlihat soft namun elegan. Tidak banyak ornamen lain pada tampilan UI maupun UX pada handphone.

Kualitas kamera menjadi semakin penting pada zaman sekarang. Karena orang banyak menggunakan ponsel mereka untuk fotografi dan videografi, apalagi semenjak masifnya perkembangan media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Jumlah megapiksel, autofokus, stabilisasi optik, mode manual, dan fitur selfie khusus: smartphone sengaja dibuat semakin mirip dengan kamera digital. Tetapi sulit untuk benar-benar mengetahui kualitas kamera, kecuali dengan menggunakannya.

Solusinya, Anda dapat meminjam handphone teman Anda dengan model dan merek yang diinginkan, lalu cobalah untuk mengambil beberapa jepretan. Jika tidak ada, Anda dapat membaca reviewnya di internet.

Itulah 8 tips penting sebelum membeli smartphone baru. Untuk pembelian smartphone dengan berbagai merek dan model, Anda dapat membelinya di blibli.com.

Tidak hanya lengkap, promonya juga banyak. Lumayan menghemat anggaran kan? Apalagi menjelang hari raya Idul Fitri, pastinya blibli bertabur diskon. Jadi jangan lewatkan ya!

(REL/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi