Kisah Nama Soekarno yang Berarti Telinga

Kisah Nama Soekarno yang Berarti Telinga
Ir. Soekarno (Getty Images)

Analisadaily.com, Jakarta - Siapa yang tidak tahu Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, atau Bung Karno? Dia adalah tokoh besar dan proklamator kemerdekaan Indonesia yang sangat kharismatik.

Namun tahukah Anda bahwa nama Karno diambil dari kisah Mahabarata?

Dikutip dari buku Soekarno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia karya Soekarno dan Cindy Adams, Karno atau Karna ternyata berarti telinga. Buku tersebut menjelaskan asal usul kata hingga berarti telinga.

Karna adalah pahlawan besar dalam cerita klasik Mahabarata. Dia dikenal sebagai sosok besar, kuat dan setia pada teman serta keyakinannya. Dia juga terkenal dengan kesaktian, keberanian dan patriot yang sholeh.

Sosok heroik ini lahir dari Batara Surya dan putri cantik bernama Kunti. Batara Surya dikisahkan melihat putri Kunti dan jatuh hati. Putri Kunti lantas hamil meski masih berstatus perawan.

Batara Surya mencari cara supaya tanda keperawanan putri Kunti tidak berubah. Akhirnya, Batara Surya menemukan solusi tepat meski tidak biasa. Sang anak akan lahir bukan dengan cara normal.

"Akhirnya dapat dipecahkannya, dengan melahirkan bayi itu melalui telinga sang puteri. Jadi, karena itulah pahlawan Mahabharata itu dinamai Karna atau telinga," tulis buku tersebut, dilansir dari detikcom, Jumat (6/5).

Menurut sang ayah, Raden Soekemi Sosrodihardjo, yang memberi nama tersebut, perbedaan ejaan a dan o tak jadi masalah. Sedangkan awalan su dalam Soekarno bermakna baik atau paling baik.

Sebelumnya, nama lahir Soekarno adalah Kusno. Orang tuanya kemudian mengganti nama karena Soekarno mudah terserang penyakit. Dia pernah menderita malaria, disentri dan setiap penyakit pada masa itu.

Bersamaan dengan pemberian nama Soekarno, sang ayah berharap putranya menjadi seorang patriot dan pahlawan besar bagi rakyat. Harapan ini terwujud karena tak ada orang Indonesia yang tidak kenal Soekarno atau Bung Karno.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi