Belanja Online vs Offline, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Belanja Online vs Offline, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?
Foto ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com - Berbelanja adalah suatu kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari guna memenuhi keperluan sehari-hari. Apalagi saat ini kegiatan membeli barang dapat dilakukan secara lebih mudah dan tidak hanya langsung datang ke toko, namun juga bisa dilakukan secara online dengan mengandalkan koneksi internet.

Apa saja kelebihan dan kekurangan belanja online dan offline? Mari membahasnya secara lengkap pada artikel ini.

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Belanja online saat ini semakin dipermudah dengan adanya aplikasi dan website khusus marketplace atau e-commerce. Kira-kira, apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan belanja online

Beberapa kelebihan belanja online, bisa dilihat pada penjelasan berikut ini;

1. Banyak harga promo khusus

Salah satu kelebihan belanja online yaitu biasanya memiliki lebih banyak promo harga maupun diskon khusus, sehingga tidak heran jika banyak orang tertarik untuk membeli karena ada voucher diskon supaya lebih hemat. Meskipun banyak potongan harga, sebaiknya sebisa mungkin kontrol keuangan Anda pribadi supaya tidak boros.

2. Praktis dan cepat

Belanja online dapat dilakukan di mana dan kapan saja hanya mengandalkan koneksi internet dan perangkat gadget. Membeli barang pun dapat dilakukan secara lebih cepat sekaligus praktis, jadi tak akan membuang terlalu banyak waktu, sebab hanya tinggal memesan kemudian menunggu barangnya datang.

Kemudahan belanja secara praktis dan cepat bisa dilakukan melalui website/aplikasi belanja online seperti LOTTEMartmall. Mencari kebutuhan sehari-hari dapat dilakukan dengan mudah hanya tinggal klik lalu masukkan keranjang.

3. Dapat menjangkau masyarakat lebih luas

Tak dipungkiri lagi bahwa membeli barang melalui platform seperti marketplace atau e-commerce bisa dikirim ke berbagai daerah melalui jasa ekspedisi. Hal ini sangat memudahkan lebih banyak orang untuk berbelanja, terutama mereka yang di daerahnya tidak ada barang tertentu dan harus membelinya di tempat lain yang lebih jauh.

4. Waktunya lebih fleksibel

Sebab kegiatan membeli barang dapat dilakukan melalui platform seperti e-commerce, tidak ada batasan waktu, terutama saat hari libur (kecuali toko memang sedang libur). Anda dapat membeli barang kapan saja, langsung membayarnya, lalu tinggal menunggu waktu barangnya datang. Sangat praktis dilakukan, bukan?

Kekurangan belanja online

Meskipun memiliki banyak kelebihan yang sangat menarik, berbelanja secara online tentu memiliki kekurangan tersendiri.

1. Tidak bisa langsung mencoba barang

Risiko yang harus dihadapi ketika membeli barang melalui internet yaitu Anda tidak dapat merasakan serta mencoba barang secara langsung. Apalagi ketika membeli pakaian, belum tentu ukurannya pas dan bahan ataupun penampilannya sudah sesuai ekspektasi. Maka dari itu, sebaiknya membaca deskripsinya secara lengkap terlebih dahulu agar tidak kecewa nantinya saat menerima barangnya.

2. Keadaan barang tidak sesuai ekspektasi

Jangan lupa bahwa ketika Anda memutuskan untuk berbelanja secara online, berarti tidak akan menyentuh barangnya secara langsung. Sehingga risiko dari membeli menggunakan sistem tersebut yaitu bisa saja barang yang datang tidak sesuai dengan ekspektasi, entah itu kondisinya tidak sesuai foto atau deskripsi, cacat, maupun fisiknya rusak akibat tertimpa paket lainnya saat dikirimkan.

3. Rawan terjadi penipuan

Kerugian belanja online adalah rawan terkena penipuan, apalagi sebagian besar proses transaksinya tidak langsung bertatap muka dengan penjual. Maka dari itu, sebaiknya Anda pun lebih berhati-hati ketika bertransaksi di dunia maya, meskipun dilakukan melalui e-commerce ternama sekalipun sekaligus guna meminimalisir pencurian data dari pihak tak bertanggung jawab.

4. Mengandalkan koneksi internet

Kelemahan lainnya dari membeli sesuatu secara online, yakni pasti membutuhkan koneksi internet untuk melakukan segala proses transaksinya. Apabila tak ada paket data maupun sambungan internet, maka transaksi tak dapat dilakukan.

5. Membutuhkan waktu untuk menunggu barang datang

Membeli sesuatu dari marketplace, berarti harus siap menunggu barangnya datang tidak secepat jika membelinya langsung ke toko. Hal ini karena saat memesan, paket Anda akan diserahkan kepada pihak ekspedisi untuk kemudian diantarkan menuju alamat tujuan. Jadi saat memutuskan untuk membeli, sebaiknya tidak terlalu buru-buru untuk memakainya atau memesannya jauh hari.

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Offline

Setelah membahas mengenai kelebihan dan kekurangan belanja online, mari kita bahas tentang kelebihan dan kekurangan belanja offline atau langsung datang ke toko.

Kelebihan belanja offline

Simak kelebihan belanja offline berikut ini;

1. Bisa langsung mencoba barang di toko

Berbeda jika membeli di e-commerce, ketika beli sesuatu langsung di toko Anda bisa langsung mencoba barangnya sekaligus mengecek detail fisiknya. Terutama saat membeli pakaian, Anda tidak akan takut salah ukuran maupun warna karena langsung dapat melihatnya secara fisik. Inilah salah satu keuntungan yang dapat Anda pertimbangkan ketika membeli barang langsung ke toko.

Sebelum datang ke toko, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu spesifikasi barang secara online. Contohnya, supermarket seperti Lotte Mart memiliki website yang berisi katalog barang-barang yang dijualnya, jadi Anda bisa melakukan seleksi terlebih dahulu agar tidak terlalu lama menghabiskan waktu di gerai,

2. Dapat memilih sekaligus menyeleksi barang secara langsung

Keuntungan belanja offline adalah dapat memilih barang sekaligus melakukan seleksi secara langsung tanpa harus membayangkannya seperti ketika membelinya melalui marketplace. Barang tersebut dapat dirasakan untuk melihat tampilan fisiknya, membandingkannya dengan lainnya, serta mengetahui kualitas bahannya langsung di tempat. Jadi tidak ada salahnya datang ke toko untuk memilih kebutuhan tertentu.

3. Meminimalisir terjadinya penipuan

Ketika berbelanja secara offline, meminimalisir terjadinya penipuan karena langsung bertemu dengan pihak penjual atau karyawan di tokonya. Transaksi yang dilakukan pun langsung di tempat, tidak ada perantara lain karena dilakukan secara tatap muka. Bahkan Anda pun dapat berkomunikasi secara secara real time dengan penjualnya.

4. Dapat berkomunikasi langsung dengan penjual atau pegawai toko

Anda tidak akan menghadapi interaksi secara virtual apabila berbelanja langsung di toko karena pasti bertemu dengan pihak penjual untuk melakukan transaksi. Tak hanya itu saja, Anda pun dapat berkomunikasi untuk melakukan tawar-menawar suatu produk, menanyakan soal harga, maupun interaksi lainnya dengan pihak penjual.

Kekurangan belanja offline

Belanja secara offline atau datang langsung ke toko pun memiliki kekurangan tersendiri. Ini adalah beberapa kekurangannya.

1. Kurang menjangkau masyarakat luas

Meskipun Anda bisa memilih produk secara bebas tanpa harus membayangkannya, namun produk yang dijual kurang mampu dalam menjangkau masyarakat luas. Apalagi jika produk tersebut sangat terbatas dan hanya dijual di daerah atau toko tertentu saja.

2. Harus datang langsung ke lokasi

Membeli barang secara offline berarti harus datang ke tokonya langsung. Mungkin bagi sebagian orang hal seperti ini cukup malas untuk dilakukan, apalagijika lokasinya termasuk jauh dan aksesnya cukup susah. Hal inilah yang membuat sebagian orang lebih memilih untuk belanja online yang bisa dilakukan dari rumah saja.

3. Sistem pembayaran sebagian masih konvensional

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, kekurangan belanja offline adalah sistem pembayarannya sebagian masih memakai sistem konvensional, yakni secara cash ataupun memakai mesin EDC. Sebab belum tentu semua toko sudah menerapkan scan barcode untuk pembayaran melalui e-wallet maupun uang elektronik.

4. Pelanggan menyesuaikan jam buka dan tutup toko

Kelemahan berbelanja langsung di toko yaitu Anda harus menyesuaikan jam buka dan tutup toko. Sehingga tentu saja Anda tidak bisa belanja jika tempatnya masih belum buka.

5. Harus mengantri untuk pembayaran

Kelemahan lainnya yaitu Anda harus mau mengantri dengan pelanggan lainnya sebelum melakukan pembayaran. Sebagian orang mungkin malas mengantri, sehingga lebih memilih membeli sesuatu secara online.

Lebih Baik Belanja Online atau Offline untuk Masyarakat Indonesia?

Baik online maupun offline (langsung datang ke toko), keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan dan berdasarkan waktu membutuhkannya karena keduanya sama baiknya.

Jika ingin mendapatkan barangnya secara cepat, sebaiknya mencari langsung di toko atau memesannya di marketplace jauh-jauh hari. Namun apabila memang tidak terlalu buru-buru, memesan online tidak ada salahnya.

Itulah rincian kelebihan dan kekurangan belanja secara online dengan offline. Semoga penjelasan ini bisa membantu!

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi