Tips Hemat Belanja Online

Tips Hemat Belanja Online
llustrasi (Pixabay)

Analisadaily - Belanja online di zaman sekarang sangat mudah, bahkan tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang apapun yang diperlukan. Semuanya berkat kehadiran toko online yang menyediakan berbagai kebutuhan.

Di toko online tak ada barang yang tidak tersedia. Selain itu, kelebihan utama online shopping bisa berbelanja lebih murah, bahkan kalau trik-triknya, Anda bisa berbelanja lebih hemat lagi karena mendapatkan harga terbaiknya.

Berikut tips belanja online yang bisa diterapkan ketika membeli barang yang diinginkan:

Memanfaatkan Promo di Tanggal Tertentu

Jika belanja online, sering menemukan adanya promo yang khusus tersedia di tanggal tertentu. Terkadang, promo tersebut ada pada tanggal yang sama dengan angka bulannya, seperti misalnya promo 11.11, atau mungkin yang lainnya.

Promo seperti ini memang tidak tersedia tiap hari, tapi justru karena itu biasanya ada penawaran yang lebih menarik. Misalnya, diskonnya besar, atau ada lebih banyak barang yang mendapatkan diskon. Maka dari itu, perlu jeli dalam memperhatikan kesempatan ini.

Membeli di Toko dengan Lokasi Sama untuk Hemat Ongkos Kirim

Ini merupakan cara kedua yang cukup mudah dilakukan. Cara ini juga sangat sederhana dan tentunya sudah sering dilakukan banyak orang yang belanja online. Meski demikian, masih banyak juga orang yang belum mencoba menerapkannya.

Jika Anda masih bisa mencari toko online yang berada di kota yang sama dengan tempat tinggal, mengapa tidak membelinya di sana saja? Tentunya sangat berhemat ongkos kirim karena jelas-jelas tempatnya berada satu kota dengan Anda.

Opsi ini bisa dipilih jika punya waktu luang serta kebetulan sedang ada kegiatan di luar, jadi sekalian COD.

Mendaftar Jadi Member Toko Online Brand yang Disukai

Tidak ada belanja yang lebih menguntungkan daripada jika menjadi member toko tersebut. Itulah mengapa ada program membership yang disediakan setiap toko online. Member akan mendapatkan keuntungan lebih daripada konsumen yang tidak menjadi anggota.

Contohnya yang paling utama, Anda akan menjadi yang pertama tahu setiap kali ada peluncuran produk baru, diskon menarik, kejutan di hari ulang tahun, bahkan juga bisa mendapatkan reward berupa poin yang dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan produk tertentu.

Mengikuti Media Sosial Toko Online dan Brand Favorit

Kini, semuanya berkiblat pada media sosial. Anda bisa mendapatkan pemberitahuan paling cepat dan juga lengkap jika mengikuti akun media sosial resmi toko online dan brand kesukaan. Biasanya, toko-toko online selalu membuat postingan yang berisi update tentang produk baru, promosi menarik, dan sebagainya di media sosial.

Hal ini karena sebagian besar masyarakat milenial yang suka berbelanja di toko online, pasti memiliki akun media sosial juga dan sering mendapatkan informasi terbaru dari brand apapun dari platform tersebut.

Memanfaatkan Layanan Gratis Biaya Pengiriman dengan Sebaik-Baiknya

Tidak hanya toko online dalam kota saja yang berkemungkinan memberikan ongkos kirim gratis. Kini, toko-toko online di seluruh Indonesia sudah menyediakan layanan ini, namun dengan syarat dan ketentuannya masing-masing.

Misalnya, perlu belanja dengan nominal minimal sekian, barulah bisa menikmati layanan gratis ongkos kirim tersebut. Nah, ini tentu sangat menguntungkan. Anda bisa memanfaatkannya untuk belanja barang lebih banyak, karena tidak ada biaya pengiriman yang harus ditanggung, semuanya nol rupiah.

Akan tetapi, di sini juga perlu cermat dan teliti dalam membuat perhitungan belanja. Berbelanja banyak, namun tetap saja perlu memperkirakan berapa biaya belanjaan tersebut.

Membeli Barang Elektronik Ketika Ada Peluncuran Produk Baru

Sudah bukan rahasia lagi, jika toko online itu tempatnya brand-brand elektronik meluncurkan produk baru dengan diskon yang tidak main-main. Jadi, alangkah bijaknya jika sambil menunggu ada promo peluncuran produk baru, simpan dahulu uang Anda untuk ditabung sedikit-sedikit.

Tidak apa-apalah menunggu sebentar, jika kemudian bisa berbelanja jauh lebih hemat. Tips ini juga cocok diterapkan oleh Anda yang merupakan pecinta gadget. Anda bisa berhemat lebih banyak jika Anda memakai trik ini ketika belanja di toko online.

Membeli Barang Kebutuhan Sehari-Hari Langsung dalam Jumlah Banyak

Nah, kalau yang ini cocok untuk Anda terapkan saat membeli barang kebutuhan rumah tangga. Biasanya, barang-barang tersebut memang kecil-kecil, namun jumlahnya banyak dan cepat habis karena digunakan terus setiap hari.

Contohnya saja seperti sabun mandi, sampo, sabun cuci piring, deterjen, tisu, dan sebagainya. Lalu, ada juga bahan-bahan masak kemasan seperti tepung, gula, garam, minyak goreng, dan masih banyak lagi.

Tujuan berbelanja sekali tapi langsung banyak adalah bisa memiliki persediaan di rumah, barangnya tidak secepat itu habis, Anda juga tidak berbelanja sesering biasanya, dan tentunya pengeluaran lebih murah.

Mengaktifkan Notifikasi Toko Online pada Smartphone

Anda tidak cukup jika hanya mendaftar jadi member toko online saja. Memang benar, Anda biasanya akan menerima pemberitahuan ketika ada penawaran baru yang menarik. Namun, terkadang ada juga toko online yang tidak selalu memberitahukan promo terbaru.

Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda sudah memiliki gerai atau lapak langganan di toko online retailer, Anda menjadi member-nya, aktifkan juga notifikasi untuk mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada diskon atau produk baru yang diluncurkan

Manfaatkan Poin Reward dengan Semaksimal Mungkin

Seperti yang telah disebutkan bahwa salah satu kelebihan menjadi member toko online, yakni bisa mendapatkan reward berupa poin setiap kali berbelanja. Jika pandai mengaturnya, maka reward poin ini bisa sangat menguntungkan suatu hari, ketika sudah terkumpul banyak.

Sebab, semakin banyak poin yang terkumpul, makin berkesempatan mendapatkan produk yang lebih besar atau bahkan lebih mahal juga. Jadi, poin ini bisa anggap sebagai suatu tabungan atau investasi, yang dapat dimanfaatkan untuk berbelanja nanti suatu hari jika sudah banyak terkumpul.

Senangnya Belanja di Toko Online, Lebih Lengkap dan Hemat

Demikianlah sejumlah tips sederhana yang bisa diterapkan untuk berbelanja lebih hemat lagi ketika membeli produk di toko online. Setiap orang senang belanja murah, dan toko online merupakan tempat terbaik untuk berbelanja.

Sekarang, bayangkan saja betapa hematnya kalau belanja online, bahkan sebelum membeli apa-apa sudah berhemat. Ini karena tidak perlu menghabiskan waktu, mengeluarkan tenaga untuk keluar rumah, lalu naik kendaraan dan parkir di mall atau supermarket untuk belanja.

(RZD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi