3 Pilihan HomeSchooling Terbaik di Indonesia

3 Pilihan HomeSchooling Terbaik di Indonesia
Foto ilustrasi HomeSchooling (Internet)

Analisadaily.com, Jakarta - Homeschooling adalah model pendidikan fleksibel berbasis rumah, dimana orang tua memiliki tugas dan tanggung jawab penting sebagai pengawas serta pemberi materi-materi untuk anak, yang tentunya sesuai dengan kebutuhan, minat, serta potensi mereka. Homeschooling menawarkan kebebasan kepada anak dan orang tua untuk menciptakan kondisi belajar yang benar-benar nyaman dan menyenangkan.

Kendala yang dihadapi orang tua saat ini adalah keterbatasan waktu dan juga keterampilan dalam menyelenggarakan homeschooling. Karena tidak mudah juga untuk memberikan materi belajar ke anak sesuai dengan kurikulum nasional. Jika pun materi belajar ada, tapi tidak semua orang tua bisa mengajarkan ke anak materi belajar tersebut, dengan beragam alasan. Nah berikut beberapa Program HomeSchooling terbaik di Indonesia.

1. Flexi HomeSchooling

Flexi Homeschooling mengambil peran dalam rangka mendampingi orangtua dalam penyenggaraan berbasis rumah dalam rangka tercapainya anak yang mandiri, berkarakter positif dan bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan zaman.

Dengan Flexi Homeschool, Orang tua dan siswa dapat memilih materi pelajaran dan gaya belajar sesuai kebutuhan atau potensi siswa. Siswa tidak terbebani dengan tugas yang terlalu banyak. Orang tua lebih mudah memantau perkembangan belajar anak.

Kemudian, Siswa dapat fokus mengembangkan bakat sesuai dengan minatnya. Lebih nyaman untuk anak yang memiliki trauma di sekolah seperti bullying.
Dan yang penting, Siswa dapat bersekolah dengan waktu yang fleksibel

2. Bintang Mulia HomeSchool

Bintang Mulia turut memiliki jenjang kurikulum pembelajaran dari SD sampai SMA.

Sekolah informal ini bertempat di Kudus, Jawa Tengah, namun mereka juga membuka pendaftaran untuk semua anak dari Indonesia, bahkan luar negeri!

Anak-anak belajar dari rumah masing-masing dan hanya perlu hadir saat Ujian Akhir Nasional dan acara gathering yang diadakan 2 tahun sekali.

3. HomeSchooling Kak Seto

Didirikan oleh Seto Mulyadi atau yang lebih akrab dengan panggilan Kak Seto, jenjang pendidikan di sana dimulai dari tingkat SD sampai SMA.

Kurikulum yang digunakan Kak Seto bernama Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sudah mendapatkan akreditasi A.

Homeschooling Kak Seto mempunyai pelajaran tambahan yang lebih condong ke minat dan bakat murid seperti kelas seni, menyanyi, fotografi, dan masih banyak lagi.

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi