Penjabat Presiden Sri Lanka Umumkan Keadaan Darurat

Penjabat Presiden Sri Lanka Umumkan Keadaan Darurat
Petugas keamanan berjaga di luar gedung DPR, di tengah krisis ekonomi negara, di Kolombo, Sri Lanka 16 Juli 2022. (Reuters/Adnan Abidi)

Analisadaily.com, Kolombo - Penjabat Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, mengumumkan keadaan darurat, menurut pemberitahuan pemerintah yang dirilis Minggu malam, saat pemerintahannya berusaha memadamkan kerusuhan sosial dan mengatasi krisis ekonomi yang mencengkeram negara kepulauan itu.

“Adalah bijaksana, demikian untuk dilakukan, demi kepentingan keamanan umum, perlindungan ketertiban umum dan pemeliharaan persediaan dan layanan yang penting bagi kehidupan masyarakat,” bunyi pemberitahuan itu dilansir dari Reuters, Senin (18/7).

Presiden terguling Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa, yang melarikan diri ke luar negeri minggu ini untuk menghindari pemberontakan rakyat terhadap pemerintahnya, mengatakan dia mengambil "semua langkah yang mungkin" untuk mencegah krisis ekonomi yang melanda negara pulau itu.

Pengunduran diri Gotabaya Rajapaksa diterima parlemen pada hari Jumat. Dia terbang ke Maladewa dan kemudian Singapura setelah ratusan ribu pengunjuk rasa anti-pemerintah turun ke jalan-jalan Kolombo seminggu yang lalu dan menduduki kediaman dan kantor resminya.

Parlemen Sri Lanka bertemu pada hari Sabtu (16/7) untuk memulai proses pemilihan presiden baru, dan pengiriman bahan bakar tiba untuk memberikan bantuan kepada negara yang dilanda krisis.

Wickremesinghe, sekutu Rajapaksa, adalah salah satu pesaing utama untuk mengambil kursi kepresidenan penuh waktu tetapi pengunjuk rasa juga ingin dia pergi, yang mengarah ke prospek kerusuhan lebih lanjut jika dia terpilih.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi