Kim Jong Un Nyatakan Korea Utara Menang Melawan Covid-19

Kim Jong Un Nyatakan Korea Utara Menang Melawan Covid-19
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbicara pada pertemuan politbiro Partai Buruh tentang tanggapan wabah penyakit Covid-19 di negara itu dalam foto tak bertanggal yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara pada 21 Mei 2022. (KCNA via Reuters)

Analisadaily.com, Seoul - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah menyatakan kemenangan dalam pertempuran melawan virus Corona baru dan memerintahkan pencabutan tindakan anti-epidemi maksimum yang diberlakukan pada Mei.

Korea Utara belum mengungkapkan berapa banyak infeksi yang dikonfirmasi dari virus yang ditemukannya, tetapi sejak 29 Juli telah melaporkan tidak ada kasus baru yang dicurigai dengan apa yang dikatakan organisasi bantuan internasional sebagai kemampuan pengujian terbatas.

"Tingkat kematian resmi Korea Utara sebanyak 74 orang adalah keajaiban yang belum pernah terjadi sebelumnya dibandingkan dengan negara lain," kata media pemerintah, KCNA dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Kamis (11/8).

Para ahli mengatakan, bahwa jumlah Korea Utara tidak mungkin menunjukkan gambaran keseluruhan.

Deklarasi kemenangannya datang meskipun tidak ada program vaksin yang diketahui. Sebaliknya, negara itu mengatakan mengandalkan penguncian, perawatan obat-obatan yang ditanam di rumah, dan apa yang disebut Kim sebagai sistem sosialis gaya Korea yang menguntungkan.

Dia memerintahkan pencabutan tindakan anti-pandemi maksimum, tetapi mengatakan bahwa Korea Utara harus mempertahankan penghalang anti-epidemi yang kuat dan mengintensifkan pekerjaan anti-epidemi sampai akhir krisis kesehatan global.

Adik Kim, Kim Yo Jong, mengatakan pemimpin Korea Utara itu sendiri menderita gejala demam, dan menyalahkan selebaran dari Korea Selatan sebagai penyebab wabah tersebut.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi