Hadi Sanjaya Juara Kontes Guru SMK TBSM PT Alfa Scorpii

Hadi Sanjaya Juara Kontes Guru SMK TBSM PT Alfa Scorpii
PT Alfa Scorpii mengadakan kontes Guru SMK dan siswa Teknik & Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 2022 secara online sebagai bentuk kepedulian kepada sekolah mitra binaanya. (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Hadi Sanjaya SPd, dari SMK N1 Percut Sei Tuan tampil sebagai juara Kontes Guru SMK dan siswa Teknik & Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 2022 yang diselenggarakan PT Alfa Scorpii, 22-26 Agustus 2022 lalu. Sedangkan M Amir Husin dari SMK N 2 Tebing Tinggi berhasil menjadi juara untuk kategori siswa.

Chief Training PT Alfa Scorpii, Agus Susanto dalam pers rilisnya Selasa (07/09/2022) mengatakan, kontes secara online untuk wilayah Sumut dan Aceh tersebut sebagai bentuk peduli dari PT Alfa Scorpii ke mitra binaanya saat pandemic agar tidak mematahkan semangat kepada guru dan siswa-siswi SMK TBSM untuk terus berkreasi dalam dunia pembelajaran online saat ini. Kegiatan ini juga merupakan upaya menghasilkan kualitas pendidikan, khususnya pendidikan dunia otomotif yang maksimal sehingga dapat melahirkan sumber daya manusia yang siap memasuki dunia kerja.

Agus Susanto yang didampingi Chief Education PT Alfa Scorpii, Zaenal Arifin mengatakan, kontes guru adalah aktivitas yang dibuat untuk mengevaluasi kualitas guru terhadap penyampaian materi kurikulum SMK serta dapat menjadi contoh kerja nyata bagi para siswa. Melalui aktivitas ini diharapkan melahirkan para guru yang Professional, Handal & Berkualitas dengan cara
kerja praktek setara dengan Teknisi Yamaha.

Agus Susanto menjelaskan, kontes Guru TBSM SMK Binaan Yamaha secara online merupakan salah satu program pembinaan keahlian bagi para Guru TBSM SMK Binaan Yamaha. Kegiatan ini diadakan sejak tahun 2020 ini oleh pihak PT Alfa Scorpii selaku main dealer Yamaha wilayah Sumut, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau.

“Metode kontes guru kali ini berbeda dengan metode-metode kontes saat sebelum pandemi Covid 19 mewabah, karena kami menggunakan aplikasi-aplikasi berbasis online,” katanya.

Sementara itu Zaenal Arifin menambahkan, lulusan SMK harus siap bersaing menjadi tenaga-tenaga profesional di bidangnya masing-masing. Selain itu, lulusan SMAK jadilah profesional yang tulus dalam bekerja. “Iven ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa SMK khususnya jurusan teknik sepeda motor,” katanya.

Seleksi tahap I adalah seleksi untuk mendapatkan wakil dari masing-masing sekolah, melalui aplikasi Microsoft Form yang diisi oleh semua guru yang mendaftar (70 guru) di masing masing SMK Binaan Yamaha, untuk kemudian diambil menjadi 40 peserta perwakilan dari 40 SMK Binaan Yamaha, dengan kriteria satu SMK satu guru. Sedangkan untuk kategori siwa, peserta awal sebanyak 40 untuk diseleksi tahap awal sebanyak 10 siswa.

Selanjutnya setelah terpilih dari masing-masing sekolah, seleksi tahap ke-2 menggunakan Aplikasi Quiz yang membutuhkan akurasi dan kecepatan jawaban, dan hasilnya diperoleh 5 Finalis yang terbaik dari 40 guru yang berkompetisi dan 5 finalis siswa dari 10 yang berkompetisi.

Seleksi tahap ketiga adalah, tahap final praktek yang menggunakan Aplikasi Zoom untuk memantau dan menilai hasil praktek dari para Finalis. Tahap Final Praktek ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu: 1. Tes Pengukuran komponen, 2. Tes Standar Operasional Prosedur (SOP) servis, dan tahap ketiga tes presentasi dengan materi Sistem Fuel Injection Yamaha. Pada tahap final ini para peserta tetap berada di sekolah masing masing sedangkan para juri berada di kantor PT Alfa Scorpii di Medan.

Jarak poin yang tidak terlalu jauh menunjukkan persaingan serta kualitas SMK tidak jauh berbeda. Masing-masing juara diberikan hadiah uang tunai, trophy, sertifikat serta voucher cash back pembelian sepeda motor Yamaha. Khusus juara satu mendapat satu unit sepeda motor praktek.

Dari 5 Finalis Kontest Guru dan siswa, melahirkan para juara sebagai berikut :

Juara 1: Hadi Sanjaya SPd (SMK N1 Percut Sei Tuan)

Juara 2: Khairul Anwar (SMK N 1 Air Putih)

Juara 3: Rajasyah Hasibuan (SMK N 2 Tebing Tinggi)

Juara kategori siswa:

Juara 1: M Amir Husin (SMK N 2 Tebing Tinggi)

Juara 2: Dimas Rahmansyah Putra (SMK N 1 Percut Sei Tuan)

Juara 3: Bagus Dwi Kurnia (SMK PAB 8 Sampali).

(BBG/JG)

Baca Juga

Rekomendasi