Pemko Medan Gandeng Gojek Sukseskan Program Saka Sanwira

Pemko Medan Gandeng Gojek Sukseskan Program Saka Sanwira
Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan Head of Regional Operational Excellence Public Policy & Government Relations Gojek, Muhammad Chairil (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Medan, Gojek menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) untuk mengembangkan kerja sama strategis dalam program Satu Kelurahan Satu Sentra Kewirausahaan (Saka Sanwira) yang dipusatkan di Kelurahan Ladang Bambu, Kecamatan Medan Tuntungan, Kamis (15/9).

Hal ini akan dilakukan melalui berbagai inisiatif program ekonomi digital untuk mendorong berbagai UMKM unggulan di Medan masuk dalam ekosistem ekonomi digital Gojek.

Bagi Gojek, layanan on-demand ekosistem GoTo, program Saka Sanwira ini menjadi bagian dari implementasi atas komitmen menjadi yang terdepan dalam mendukung dan mitra tumbuh kembang pelaku UMKM di Kota Medan menjadi go digital.

Penandatanganan MoU dilakukan antara Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Affif Nasution dan Head of Regional Operational Excellence Public Policy & Government Relations Gojek, Muhammad Chairil. Penandatanganan turut disaksikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Benny I Nasution, seluruh camat Kota Medan dan organisasi perangkat daerah lainnya.

Dalam sambutannya, Bobby menekankan pentingnya ekosistem digital dalam pengembangan UMKM di masa mendatang. Kendala yang dihadapi para pelaku UMKM selama ini berupa kurangnya kepercayaan diri akibat kesenjangan tingkat pengetahuan, keterampilan dan kreativitas para pelaku menghadapi Era Digital 4.0.

Untuk mengatasinya, tentu harus dicari solusi terbaiknya. Dengan demikian para pelaku UMKM di Medan akan didorong untuk memaksimalkan peran teknologi digital untuk perkembangan bisnisnya.

"Kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Gojek hari ini, harus terus kita laksanakan guna mewujudkan program kerja dan meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, terutama pelaku UMKM di Kota Medan," jelasnya.

Nantinya, kerja sama antara Gojek dan Pemko Medan ini meliputi pengembangan pusat inkubasi digital (Digital Incubation Center) di mana Gojek akan memberikan program peningkatan kapasitas dan digitalisasi pelaku UMKM di Medan. Melalui program ini, pelaku UMKM diharapkan bisa semakin memperluas pasar mereka melalui ekosistem digital yang ada di dalam aplikasi Gojek.

Head of Regional Operational Excellence Public Policy & Government Relations Gojek, Muhammad Chairil menyatakan, kerja sama dengan Pemko Medan menjadi momentum penting bagi kedua belah pihak untuk membuat UMKM lokal di Kota Medan naik kelas.

Pihaknya sangat mengapresiasi kepercayaan Pemko Medan kepada Gojek untuk membantu memperkuat UMKM lokal di Medan. Dengan dukungan teknologi seperti layanan GoFood dan GoBiz serta dukungan non-teknologi seperti adanya Komunitas Partner GoFood yang dimiliki Gojek, harapannya berbagai UMKM terkemuka yang selama ini bisa dinikmati hanya di lokasi dan di Medan, kini bisa naik kelas merambah ke berbagai wilayah nusantara.

"Artinya, ini akan memberikan manfaat bagi seluruh pelaku bisnis UMKM dan tentu saja mitra pengemudi Gojek. Kami secara konsisten terus mencari berbagai upaya untuk agar mitra Gojek bisa mendapatkan pendapatan yang optimal," pungkasnya.

Langkah lanjutan dari penandatanganan MoU ini, Gojek akan menindaklanjuti dengan berbagai kerja sama dengan para pemangku kepentingan yang terlibat. Di antaranya, perjanjian kerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM mengembangkan Pusat Inkubasi Digital yang akan memberikan berbagai pelatihan tematik dan berbagai upaya peningkatan kapasitas lainnya yang diperlukan oleh UMKM di Medan untuk memasuki ranah digital.

(GAS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi