Dukung Peningkatan Investor, PLN Sumut-DPMPPTSP ProvSU Tandatangani Kerja Sama

Dukung Peningkatan Investor, PLN Sumut-DPMPPTSP ProvSU Tandatangani Kerja Sama
Dukung Peningkatan Investor, PLN Sumut-DPMPPTSP ProvSU Tandatangani Kerja Sama (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam upaya mendukung peningkatan jumlah investor di Sumatera Utara (Sumut) serta menjamin kemudahan serta ketersediaan pasokan listrik untuk para investor yang akan menanamkan investasinya, PLN Unit Induk Wilayah Sumut bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumut (DPMPPTSP ProvSU) melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama.

Hal itu mengenai Sinergi Informasi Penanaman Modal dan Kemudahan mendapatkan Listrik bagi para Penanam Modal di Provinsi Sumut. Penandatangan Perjanjian ini dilakukan oleh kedua belah pihak, di mana PLN diwakilkan oleh Senior Manager Perencanaan, Eko Prihandana dan pihak DPMPPTSP ProvSU diwakilkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara, Faisal Arif Nasution.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh General Manger PLN UIW Sumut, Tonny Bellamy, Senior Manager Perencanaan, Eko Prihandana, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan, Chairuddin, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Sumut, Agus Tri Priyono, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu, Faisal Arif Nasution, Deputi Direktur Bank Indonesia Provinsi Sumut, Wahyu Yuwana, Plt Kepala Bappeda Provinsi Sumut, Hasmirizal Lubis, Kepala Biro, Pimpinan instansi, Badan & Kantor Wilayah Dirjen Sumut, serta para tamu undangan.

Dalam sambutannya, General Manager PLN UIW Sumut menyampaikan, saat ini sistem kelistrikan di Sumut telah terinterkoneksi dengan Sistem Sumatera yang terhubung melalui transmisi 275 kV dan 150 kV sehingga keandalan sistem selalu terjaga.

“Sistem Kelistrikan Sumatera disuplai dari dua sistem utama yaitu Sistem Kelistrikan Sumatera Bagian Utara (SBU) serta Sistem Kelistrikan Sumatera Bagian Tengah (SBT). Saat ini Daya Mampu Pasok (DMP) di Sumatera Utara sebesar 2.616 MW sedangkan beban puncak Sumut sebesar 2.084 MW sehingga masih terdapat cadangan sebesar 532 MW,” ujar Tonny, Jumat (14/10).

Dengan nilai cadangan pembangkit yang cukup besar tersebut PLN UIW Sumut optimis untuk dapat menyambung semua potensi pelanggan yang ada dan juga memastikan kepada calon investor untuk tidak perlu takut terkait dengan suplai listrik pada bisnisnya. Lebih lanjut Tonny menyampaikan harapan agar PLN UIW Sumut dapat ikut serta dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan investasi serta pembangunan di Sumut.

“Semoga informasi tentang potensi investasi di Sumut dapat kami terima dengan cepat sehingga infrastruktur juga dapat dipersiapkan lebih cepat. Investor urus bsnisnya, kami (PLN) urus listriknya,” tutup Tonny.

Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Sumut, Agus Tri Priyono, dalam sambutannya menyampaikan rasa senangnya atas terlaksananya penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini.

“Ini merupakan langkah baik untuk membuat investasi datang ke Sumatera Utara dan pastinya dengan adanya listrik para investor tidak perlu khawatir dengan perkembangan bisnisnya nanti. Terimakasih kepada PLN atas sinergi yang telah dibangun untuk peningkatan investasi potensial di Sumatera Utara demi Sumut yang lebih maju dan bermartabat”, tutur Agus.

Selanjutnya acara diisi dengan pemaparan singkat mengenai overview kelistrikan Sumatera Utara dan juga penjelasan dari North Sumatera Investment yang turut hadir dalam acara Penandatangan PKS tersebut.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi