Deliserdang Terbanyak Ikuti Program Guru Penggerak

Deliserdang Terbanyak Ikuti Program Guru Penggerak
Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) sebagai upaya bersama mewujudkan sumber daya manusia unggul guna mempercepat transformasi pendidikan melalui pembelajaran berdiferensiasi yang berpusat pada murid.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang, Yudi Hilmawan, dalam Loka Karya 7 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IV Kabupaten Deliserdang.

Loka Karya ini merupakan kolaborasi antara Disdik Deliserdang dengan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sumatera Utara (Sumut) dan Cabang Disdik Sumut Lubukpakam. Berlangsung selama 2 hari Jumat-Sabtu (14-15/10/2022) di Aula Akasia Disdik Deliserdang dan Balairung Pemkab Deliserdang.

Loka Karya mengangkat tema Serentak Bergerak Mewujudkan Merdeka Belajar demi DESA SATU (Deliserdang Sekolah Bermutu dan Sumut Bermartabat).

"Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang mengapresiasi BBGP Sumut dan seluruh stakeholder pendidikan Deliserdang yang telah membersamai peningkatan mutu pendidikan, dan mendukung penuh program pendidikan guru penggerak," kata Kadisdik Yudi Hilmawan, Senin (17/10).

Dikatakan Kadisdik Yudi, PPGP sangat memungkinkan berkontribusi besar mewujudkan visi Bupati Deliserdang. Yakni Deliserdang Yang Maju dan Sejahtera dengan Masyarakatnya Yang Religius dan Rukun Dalam Kebhinekaan melalui Peningkatan Kualitas SDM yang Berdaya Saing Yang Mampu Memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

PPGP merupakan bagian dari program merdeka belajar Kemendikbud Ristek episode 5 yang saat ini sudah memasuki angakatan ke-7.

Kabupaten Deliserdang telah menjadi sasaran angkatan 1, 2, 4 dan 7. Dengan rincian angkatan 1 sebanyak 58 orang, angkatan 2 sebanyak 11 orang, angkatan 4 sebanyak 120 orang serta angkatan 7 sebanyak 142 orang.

"Total ada 331 orang. 225 di antaranya jenjang pendidikan PAUD, SD dan SMP," kata Kadisdik Yudi.

Kadisdik menambahkan, melalui PPGP pemerintah menyiapkan para guru untuk menjadi pemimpin pembejaran dan pemimpin pendidikan.

PPGP diharapkan mampu mencetak sumber daya manusia pendidikan unggul terutama bagi para guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Sementara itu di tempat yang sama hadir Kepala BBGP Sumut, Joko Ahmad Julifan. Pihaknya bangga dan mengapresiasi Loka Karya tersebut.

"Selain jumlahnya terbanyak di Sumut, panen karya hasil belajarnya juga kreatif, inovatif serta variatif. Kita tentunya berharap dukungan yang sangat baik ini bisa terus berjalan," tegas Joko.

Turut hadir dalam Loka Karya tersebut di antaranya Anggota DPRD Deliserdang Komisi IV, Sa'adah Lubis, Ketua Dewan Pendidikan Deliserdang, Muriadi, Kacabdis Agus Sinaga, Ketua Lembaga Psikologi, Amanah Surbakti, serta Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan 331 calon guru penggerak angkatan IV.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi