Festival Pasar Senyum Rakyat di Medan, Unjuk Gigi UMKM hingga Sosialisasi Pembiayaan

Festival Pasar Senyum Rakyat di Medan, Unjuk Gigi UMKM hingga Sosialisasi Pembiayaan
Festival Pasar Senyum Rakyat di Istana Maimoon, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Medan - Festival Pasar Senyum Rakyat yang digelar di Istana Maimoon, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) Sabtu (22/10) berlangsung meriah. Acara dibuka secara resmi oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution, diwakili Wakil Wali Kota Aulia Rachman.

Festival Pasar Senyum Rakya digelar 3 Entitas Holding Ultra Mikro (UMi) yaitu BRI, Pegadaian, dan Permodalan Nasional Madani (PNM). Hadir Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srianita Ginting, serta Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah.

Acara ini juga turut dimeriahkan 50 tenant yang terdiri dari 15 UMKM nasabah BRI, 15 UMKM Nasabah Pegadaian, 15 UMKM binaan PNM, dan 5 UMKM binaan Dinas Koperasi Medan, yang masing-masing menawarkan produk unggulan mulai kuliner, fesyen, hingga kerajinan tangan.

Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah mengatakan, Festival Pasar Senyum Rakyat di Kota Medan merupakan rangkaian pagelaran unjuk gigi bagi para pelaku usaha, sekaligus sebagai ajang sosialisasi produk pembiayaan bagi pelaku usaha, agar mereka dapat tumbuh dan naik kelas.

“Alhamdulillah, rangkaian Festival Pasar Senyum Rakyat dari mulai Cirebon, Denpasar, dan Kota Medan hari ini dapat terlaksana dengan baik. Kami berharap, Holding Ultra Mikro dapat membangkitkan semangat UMKM untuk lebih berdaya saing melalui pendampingan dan pembiayaan usaha melalui produk-produk yang ditawarkan BRI, Pegadaian dan PNM,” jelas Eka.

Tidak hanya menikmati pameran produk UMKM, para pengunjung yang hadir juga dapat mengikuti talkshow interaktif tentang solusi finansial bersama narasumber pengusaha UMKM sukses di Medan.

Lalu, ada juga talkshow tentang legalitas, perizinan, sertifikasi, permodalan hingga pemasaran produk, hingga literasi tentang bagaimana mengembangkan bisnis secara digital atau daring melalui aplikasi.

Diharapkan, event ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang hadir untuk menambah ilmu tentang kewirausahaan, mengelola dan mengembangkan usaha dari nol hingga menjadi sukses.

“Untuk mendapat informasi lebih lanjut, masyarakat bisa datang ke Booth SenyuM, atau datang langsung ke outlet SenyuM terdekat setelah acara berlangsung,” tambah Eka.

Berbagai Program Pegadaian

Festival Pasar Senyum Rakyat di Istana Maimoon, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) (Analisadaily.com/Reza Perdana)
Pegadaian juga memberikan promo menarik bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas, seperti diskon 20% untuk Buka Tabungan Emas, diskon 1% untuk Topup Tabungan Emas, diskon Rp 10 ribu untuk Cicil Emas.

Festival Pasar Senyum Rakyat juga menghadirkan panggung hiburan, zona bermain anak, lomba mewarnai, lomba fashion show dan cosplay competition. Tak hanya itu, masyarakat yang datang juga berkesempatan mendapat voucher belanja dan doorprize menarik.

Sentra layanan ultra mikro (SenyuM) merupakan ikhtiar bersama untuk menciptakan ekosistem yang mendukung para pelaku usaha mikro di indonesia untuk dapat berkembang, berkelanjutan dan memiliki daya saing.

Selain melalui produk pembiayaan gadai dan non gadai, Pegadaian juga menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbasis syariah di 4,086 outlet di seluruh Indonesia. Adapun plafon pinjaman, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 10 juta, dengan biaya pengelolaan (mu’nah) sebesar 6 persen per tahun.

Dukung Jaringan UMKM

Festival Pasar Senyum Rakyat di Istana Maimoon, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) (Analisadaily.com/Reza Perdana)
Festival Pasar Senyum Rakyat di Istana Maimoon, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) (Analisadaily.com/Reza Perdana)
Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Medan berterima kasih atas diadakan gerakan Senyum Rakyat lewat pagelaran Festival Pasar Senyum Rakyat di Medan.

Salah satu tujuan dilaksanakannya Festival Pasar Senyum Rakyat ini tidak terlepas untuk mempersatukan satu misi, satu tujuan untuk penguatan ekonomi. Apalagi penguatan ekonomi dari sisi UMKM sangat dibutuhkan.

Soal informasi bakal ada resesi pada tahun 2023, Aulia berpesan jangan anggap remeh, namun warga Medan tidak pelru panik. Pemko Medan akan memperkuat seluruh jaringan UMKM di Medan. Saat ini kita sudah banyak didukung, ada BUMN, Pegadaian, PNM, menjadikan satu wadah.

“Harus kita apresiasi. Pemko Medan berterima kasih adanya Festival Pasar Senyum Rakyat ini, dan saya yakin akan terjadi perputaran uang yang besar. Kami juga butuh dukungan, terkhusus KUR, karena sangat membantu UMKM. Kalau dari Pemko, tidak bisa banyak berbuat, karena dari sisi anggaran terbatas,” tandasnya.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi