Apa Itu Software Akuntansi: Pengertian, Fungsi, dan Rekomendasi Terbaiknya?

Apa Itu Software Akuntansi: Pengertian, Fungsi, dan Rekomendasi Terbaiknya?
Foto ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com, Jakarta - Dalam sebuah usaha bisnis, software akuntansi usaha menjadi sebuah perangkat lunak yang sangat penting dalam urusan pengelolaan keuangan. Sebagian besar pengusaha tentu tidak asing lagi dengan aplikasi ini dan diantaranya sudah mulai menggunakannya saat mengelola keuangan.

Bagi Anda yang baru ingin mengenal dan mungkin berencana menggunakan software akuntansi, Anda sudah berada ditempat yang tepat! Pada artikel ini akan membahas apa itu software akuntansi, fungsi dan manfaatnya, serta rekomendasi software akuntansi yang cocok untuk perusahaan Anda gunakan. Mari simak baik-baik bersama.

Pengertian Software Akuntansi Usaha

Software akuntansi adalah software yang dibuat oleh para profesional akuntansi. Tujuannya untuk mempermudah operasional keuangan usaha. Kehadiran aplikasi ini tentunya membuat kegiatan pembukuan semakin lebih mudah dan cepat, dibandingkan dengan pembukuan manual.

Software akuntansi hadir untuk mempermudah proses pengelolaan keuangan, baik untuk bisnis maupun individu. Software akuntansi atau akuntansi yang sederhana biasanya digunakan untuk mengatur keuangan individu yang tidak terlalu rumit.

Sedangkan software akuntansi untuk bisnis umumnya memiliki fitur yang lebih banyak, karena pengelolaan keuangan bisnis tergolong rumit. Fitur yang tersedia pada aplikasi keuangan usaha cukup beragam, dan bisa digunakan untuk menyelesaikan banyak pekerjaan keuangan sekaligus.

Fungsi Software Akuntansi Usaha

Hingga sekarang, masih banyak perusahaan dan bisnis yang menggunakan jasa konsultan keuangan untuk mengelola keuangan bisnisnya. Namun sebenarnya Anda bisa mengelola keuangan menggunakan aplikasi akuntansi keuangan yang juga sama menguntungkannya dengan penggunaan jasa konsultan keuangan.

Software akuntansi memiliki fungsi pengontrolan keuangan secara otomatis yang membuat keuangan bisnis bisa berjalan lancar, tanpa menyewa jasa eksternal. dengan aplikasi ini, pebisnis pemula, baik yang sudah maupun belum memiliki basic akuntansi bisa mengelola keuangan bisnis dengan baik.

Selain itu, aplikasi akuntansi juga berfungsi sebagai peningkat akurasi data dan sarana pengambil keputusan yang tepat. Karena sistemnya yang berjalan otomatis dan realtime, maka data yang diproses bisa lebih akurat dan minim kekeliruan.

Dari data yang akurat tersebut, maka Anda bisa dimudahkan saat ingin mengambil keputusan untuk kemajuan bisnis nantinya. Software akuntansi usaha juga menjadi pengaman data sekaligus pembuat laporan yang baik, karena telah dilengkapi fitur canggih yang mumpuni.

Rekomendasi Software Akuntansi Usaha

Berbicara tentang jenis software akuntansi untuk usaha, tentu sudah banyak jenis aplikasi yang bisa Anda temukan saat ini. Secara umum, aplikasi keuangan ini dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan jenis pembayaran dan cara kerjanya.

Anda bisa memilih software akuntansi yang gratis atau berbayar, dan aplikasi dengan sistem online atau offline. Supaya tidak bingung memilih software akuntansi yang nanti digunakan, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi akuntansi berikut ini:

1. Jurnal.id

Rekomendasi pertama adalah software akuntansi usaha dari Jurnal. Jurnal.id merupakan salah satu software akuntansi yang sangat cocok dimiliki oleh berbagai macam jenis usaha. Dengan keberadaan aplikasi ini, tentunya Anda tidak perlu lagi untuk pusing melakukan proses pembukuan yang tergolong sangat rumit.

Biasanya, pembukuan usaha meliputi dengan laporan keuangan akan arus kas, rugi, laporan laba dan masih banyak yang lainnya. Tujuan dibuat aplikasi ini yaitu untuk bisa memudahkan para pelaku bisnis agar lebih mudah dalam melakukan proses pembukuan akuntansi.

Keberadaan aplikasi ini dapat melakukan seluruh kebutuhan keuangan menjadi berjalan secara otomatis. Pastinya Jurnal.id dikerjakan dengan menggunakan sistem yang sangat akurat serta dapat dilakukan dengan proses yang lebih cepat.

Seluruh pebisnis dapat mengatur pembukuan perusahaan dengan menyesuaikan kebutuhan. Pastinya, Anda bisa memperoleh perangkat lunak ini dengan cara yang mudah serta dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

2. Cloudbooks

Rekomendasi yang kedua yaitu aplikasi Cloudbooks. Aplikasi ini merupakan sebuah perangkat lunak yang ditujukan untuk bisa mengelola pembukuan perusahaan menjadi lebih terjaga serta dapat dikelola dengan baik. Di dalam penggunaan aplikasi ini, para pebisnis bisa melakukan pelacakan transaksi baik itu pengeluaran ataupun pemasukan.

Terlebih lagi, pelaku usaha juga bisa membuat faktur dan memberikan perkiraan harga pada barang-barang yang dijual. Cloudbooks mempunyai tampilan yang sangat menarik serta diberikan kemudahan untuk bisa digunakan dengan mudah oleh para penggunannya. Hal ini menjadi salah satu keuntungan yang bisa diperoleh dari aplikasi Cloud Books.

Di samping itu, aplikasi ini juga bisa digunakan oleh berbagai jenis usaha yang ada di Indonesia. Baik itu usaha supermarket, minimarket, toko kelontong dan jenis usaha yang lainnya.

Aplikasi ini juga akan membantu Anda dalam mengelola seluruh kegiatan pembukuan dengan mengumpulkan seluruh data yang masuk ke dalam system. Hal ini pastinya akan memudahkan Anda untuk bisa mengelola perusahaan menjadi lebih optimal.

3. Harvest

Harvest telah menjadi salah satu jenis aplikasi yang mempunyai jumlah peminat yang tergolong cukup tinggi. Aplikasi ini bisa membantu pelaku bisnis dalam mengatur waktu serta pengelolaan transaksi keuangan menjadi lebih mudah. Oleh sebab itu, apabila Anda sedang membutuhkan jenis aplikasi yang menerapkan manajemen proyek.

Maka perangkat lunak yang satu ini akan sangat cocok untuk digunakan. Keberadaan aplikasi ini mampu memberikan pengaturan waktu. Hal tersebut dilakukan dengan cara selalu memantau setiap waktu yang telah dihabiskan oleh seluruh karyawan perusahaan.

Aplikasi ini sangat berguna untuk mengelola setiap kinerja yang ada di dalam sebuah perusahaan. Di samping itu, pelaku bisnis juga bisa mempermudah pekerjaan akuntan untuk mengelola laporan keuangan dan melakukan proses pengiriman faktur.

Bahkan, pelaku usaha juga bisa mendapatkan berbagai macam informasi dari berbagai sumber terpercaya. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa digunakan dengan cara yang lebih mudah hanya dengan menggunakan sebuah perangkat telepon.

Fitur-Fitur Umum dalam Software Akuntansi Usaha

Setelah Anda menjatuhkan pilihan sementara pada suatu software akuntansi, Anda perlu mengecek kelengkapan fitur sebelum menggunakannya. Aplikasi akuntansi atau pembukuan usaha yang layak pakai adalah aplikasi yang memiliki fitur lengkap mulai dari fitur-fitur dasar.

Biasanya software akuntansi yang baik telah memiliki fitur financial forecasting untuk mengontrol dan mengoptimalkan keuangan. Selanjutnya ada fitur manajemen penagihan dan faktur yang digunakan untuk mengelola berbagai jenis penagihan dan faktur.

Supaya meminimalisir terjadinya human error, Anda bisa menggunakan aplikasi yang memiliki fitur rekonsiliasi akun dan pembuat laporan keuangan otomatis. Aplikasi keuangan dengan fitur laporan keuangan bisa membantu Anda dalam menghasilkan laporan keuangan secara digital dalam berbagai versi.

Terakhir ada fitur manajemen pembelian dan penjualan, untuk mengelola transaksi dan fitur manajemen depresiasi aset untuk menghitung penyusutan aset. Jika fitur-fitur umum ini sudah tersedia, selanjutnya Anda bisa mendalami aplikasi dengan melihat kesesuaian fitur lainnya dengan kebutuhan bisnis.

Manfaat Software Akuntansi Usaha

Berdasarkan beberapa fungsi yang dimilikinya, maka software akuntansi juga bisa memberikan banyak manfaat bagi pengelolaan keuangan usaha. Beberapa manfaat dari software pembukuan adalah arus keuangan bisnis jadi lebih terkontrol, menghemat biaya operasional, dan akurasi data meningkat.

Keamanan data dan produktivitas karyawan semakin meningkat, serta pengambilan keputusan untuk kemajuan bisnis jadi lebih mudah. Keamanan data dan produktivitas karyawan semakin meningkat berkat adanya fitur pada aplikasi yang canggih dan beragam.

Nah, setelah melihat apa saja fungsi dan manfaatnya, apakah Anda tertarik untuk mulai menggunakan software akuntansi usaha? Aplikasi ini jelas bisa meningkatkan keakuratan data dan mengoptimalkan biaya operasional pembukuan, sehingga bisnis Anda bisa lebih untung.

Kesimpulan

Sistem software akuntansi adalah perangkat lunak yang memudahkan pemilik bisnis dalam mengelola berbagai proses yang berkaitan dengan keuangan, menyelesaikan tugas-tugas finansial dengan benar dan cepat. Sistem ini tidak menggantikan peran manajer akuntansi dalam mengelola keuangan organisasi, tetapi justru memudahkan pekerjaan mereka sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih produktif.

Tanpa bantuan sistem software akuntansi, pemilik bisnis atau manajer akuntansi bisa menghabiskan terlalu banyak waktu dalam membuat laporan keuangan, membuat berbagai dokumen, atau merekonsiliasi akun dan laporan bank. Selain itu akan lebih besar pula probabilitas kesalahan baik secara teknis ataupun human error yang mungkin terjadi pada proses dan hasilnya.

Perangkat lunak akuntansi ini dapat membantu mereka mendapatkan visibilitas lengkap mengenai kondisi keuangan mereka, sehingga dapat membuat keputusan dengan lebih bijaksana.

Mekari Jurnal menyediakan Sistem Akuntansi terlengkap yang telah sesuai dengan sistem perpajakan di Indonesia. Sistem akuntansi kami dapat diimplementasikan dalam beberapa cara, yakni sebagai sistem on-premise, sistem berbasis cloud, dan aplikasi mobile, sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna.

Mekari Jurnal merupakan program akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Mekari Jurnal adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Mekari Jurnal hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Mekari Jurnal, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Mekari Jurnal bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan program akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Mekari Jurnal menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Mekari Jurnal telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal dari Mekari memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak secara otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan laporan lainnya.
  • Manajemen Stok
  • Dan masih banyak lagi fitur lainnya.
Dengan menggunakan Mekari Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun dengan mudah dan cepat.

Mekari Jurnal dapat di akses di laman https://www.Jurnal.id dan tersedia di platform Android. Download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi