8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Aplikasi Akuntansi

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Aplikasi Akuntansi
Foto ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com, Jakarta - Apa itu aplikasi akuntansi? Aplikasi akuntansi adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk mengolah proses perhitungan terkait akuntansi, dari mengumpulkan data transaksi, hingga menghasilkan laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat melalui perangkat seperti komputer, tablet dan hp.

Melalui aplikasi accounting berbasis web, proses akuntansi yang panjang dan rumit akan menjadi lebih mudah untuk dimengerti dan dilakukan dengan biaya yang lebih murah

Tujuan software akuntansi yaitu mampu memudahkan menyusun laporan akuntansi keuangan berupa neraca (balance sheet), laporan laba rugi (profit loss statement), cash flow, dan laporan akhir. Anda harus melakukan input awal untuk data yang harus diproses pada software akuntansi.

Anda harus menyusun ledger dengan kode dan nama yang jelas. Sehingga nantinya ledger harus memiliki pos-pos yang jelas pada tiap-tiap posisi laporan keuangan, ledger untuk neraca, laba rugi, manufaktur, dan biaya fabrikasi.

Software akuntansi bekerja secara real-time dari berbagai divisi yang sudah saling berhubungan sebelumnya. Maka dari itu, sebagai contoh Anda tak perlu menunggu cukup lama untuk mendapatkan laporan laba rugi. Berbagai transaksi yang berjalan seperti penjualan, pembelian, produksi, stok opname, dan pengeluaran biaya di perusahaan akan secara otomatis masuk dalam jurnal dan selalu diperbarui setiap saat.

Hal inilah yang akan membantu segala proses pembukuan dan perhitungan akuntansi di perusahaan menjadi lebih otomatis dan mudah. Setelah mengetahui pengertian software akuntansi berikut ini ada beberapa manfaat dari penggunaan software akuntansi.

Manfaat Software Akuntansi

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan perusahaan ketika menggunakan software akuntansi:

  • Laporan keuangan merupakan aspek paling vital perusahaan, dengan menggunakan software akuntansi akan memudahkan pengerjaan laporan dalam waktu singkat.
  • Mengurangi kesalahan perhitungan akibat human error.
  • Dapat memperbaiki kesalahan input hanya pada modul yang ditemukan saja tanpa harus mengulang semua perhitungan dari awal lagi.
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan karena proses akuntansi dapat berjalan secara otomatis.
  • Software akuntansi akan menyajikan data yang lebih akurat maka dari itu hal ini akan mendukung Anda dalam menentukan langkah dan keputusan yang akan diambil.
  • Memantau pasar global.
Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Aplikasi Akuntansi

Jadi bagaimana rahasianya perusahaan bisa cepat dan sukses dalam menerapkan software akuntansi? Tentu Anda perlu memilih vendor yang terpercaya, software akuntansi yang mudah digunakan, mengikuti standar akuntansi di Indonesia dan semua itu. Tetapi semua vendor yang berkantor di Indonesia dapat memberikan Anda itu. Lalu apa lagi yang perlu kita perhatikan untuk mendapatkan aplikasi akuntansi terbaik?

  1. Mereka Sudah Tahu Solusi Yang Diinginkan
Dari pengalaman saya, ketika saya datang untuk bertemu dengan calon customer untuk pertama kalinya, saya sudah bisa langsung menilai kesiapan perusahaan tersebut hanya dalam waktu 30 menit.

Kenapa saya bisa tahu hal ini? Karena semua pertanyaan yang dilontarkan oleh calon user-user tersebut lebih terfokus ke problem dan solusi yang dimungkinkan. Mari saya contohkan dari dua pertanyaan real yang sering saya dengar:

“Pak, ada fitur Purchase Order? Boleh lihat cara pembuatannya gimana?”

Bandingkan dengan,

“Pak, saya kesulitan untuk melacak Purchase Order mana saja yang sudah diproses vendor, jadi saya perlu semacam laporan untuk melihat barang PO yang sudah datang atau belum. Bagaimana ini di sistem bapak?”

Seperti yang Anda bisa lihat. Pertanyaan yang kedua lebih terfokus ke problem yang dialami sekarang, kalau yang pertama masih bingung dan “mau lihat dulu”.

Buatlah daftar masalah yang dihadapi Anda dan team dalam pekerjaan sehari-hari, dan pastikan vendor aplikasi software akuntansi pilihan Anda dapat memberikan solusi untuk semua pertanyaannya dengan baik.

  1. Mereka Sudah Menghitung Jumlah User yang Akan Diberi Akses Aplikasi
Misalnya Anda punya 100 karyawan di perusahaan Anda. Apakah semuanya perlu diberikan akses user ke dalam aplikasi akuntansi?

Apabila Anda sudah tahu jumlah user yang akan menggunakan aplikasi, Anda juga bisa mapping fitur dan hak akses yang dibutuhkan dari awal sebelum bertemu dengan vendor.

  1. Memiliki PIC/Project Manager yang Disegani
Terkadang implementasi aplikasi akuntansi Anda akan berlangsung dengan lambat. Entah karena kesibukan masing-masing divisi, atau alasan lainnya yang mereka berikan, tapi ada saja hal yang lebih urgent daripada implementasi software akuntansi.

Disini dimana PIC (Person In Charge) yang disegani sangat berguna. Bahkan apabila memungkinkan, PIC tersebut saya anjurkan berasal dari manajemen.

Apabila manajemen sudah buka suara, pasti semua akan mengikutinya meskipun merasa terpaksa. Ini hanya akan bersifat sementara.

Semakin terlihat progress implementasi aplikasi tersebut, staff Anda akan menjadi semangat sendiri karena mereka sudah mulai merasakan manfaat dari software akuntansi tersebut.

  1. Mereka Memanggil 3 Vendor Untuk Dibandingkan
Mengapa 3 dan bukan 5 ataupun 10? Dari pengalaman, saya menyimpulkan bahwa terlalu banyak membandingkan vendor akan sangat menguras waktu dan tenaga. Ujung-ujungnya jadi malas mengambil keputusan, karena semua vendor ada “kekurangannya”.

Ada aplikasi akuntansi yang komplit sekali, tetapi harga tidak cocok. Ada yang tampilannya menarik dan simple, tetapi tidak bisa mendukung seluruh operasional perusahaan.

Impossible untuk menemukan vendor yang 100% dapat memuaskan Anda dari segi fitur, harga dan pelayanan. Pastikan Anda dapat memanggil dan mereview ketiga vendor tersebut dalam waktu 1 bulan, supaya masih fresh di pikiran Anda dan tidak lupa dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing vendor.

Apabila Anda mengikuti tips saya untuk mengklasifikasi ukuran perusahaan Anda terlebih dahulu, seharusnya vendor yang Anda panggil sudah tersaring dari tahap tersebut.

8 Kriteria Memilih Aplikasi Akuntansi

Saat ini, aplikasi software akuntansi telah menjadi bagian dari kebutuhan perusahaan yang sangat diperlukan demi menunjang bisnis. Bagi Kamu yang belum memakai aplikasi akuntansi, di artikel kali ini saya akan menjelaskan kriteria memilih software akuntansi. Yuk, kita simak artikelnya dibawah ini

  1. Memenuhi standar laporan keuangan Indonesia
Program dalam aplikasi akuntansi harus menghasilkan laporan keuangan yang memenuhi standar laporan keuangan di Indonesia. Aplikasi akuntansi juga seharusnya tersedia dalam bahasa inggris maupun Indonesia mengingat kebutuhan perusahaan yang sifatnya joint venture antara pengusaha Indonesia dan pengusaha asing.

  1. Memenuhi kebutuhan transaksi perpajakan terutama PPN dan PPh
Pilih aplikasi akuntansi yang tidak hanya mencetak laporan keuangan saja tetapi juga perpajakan seperti menghitung PPN, mencetak faktur pajak, memotong PPh. Hal ini akan sangat membantu staff pajak dalam menerbitkan dokumen atau menyusun laporan pajak.

  1. Pilih Aplikasi Akuntansi yang sesuai dengan Bidang Usaha
Setiap perusahaan software akuntansi menawarkan aplikasi atau software akuntansi yang bermacam-macam. Pilihlah software akuntansi yang sesuai dengan bidang usaha Anda. Namun, Kamu juga harus bisa memprediksi untuk membeli aplikasi akuntansi yang tetap bisa dipakai di masa depan agar Kamu tidak membeli dua kali nantinya.

  1. After Sales yang Terjamin
Setiap perusahaan aplikasi akuntansi menyediakan layanan support untuk setiap customer yang membeli produk software akuntansi yang ditawarkan. Ada yang free atau dikenakan biaya maintenance. Pilihlah perusahaan yang menyediakan after sales yang bagus sehingga kebutuhan Kamu dapat ditangani dengan cepat.

  1. Dikembangkan oleh pengembang terpercaya
Belilah software akuntansi dari perusahaan yang terpercaya, sudah terkenal dan bagus company profilenya. Biasanya perusahaan yang bagus menawarkan aplikasi akuntansi yang lebih bagus fiturnya maupun tampilan desainnya serta lebih akurat dan sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan.

  1. User friendly
Dalam memilih aplikasi akuntansi pilihlah yang user friendly Semakin user friendly suatu aplikasi akuntansi maka user akan semakin nyaman mengoperasikannya. Dengan demikian, diharapkan semoga semakin mudah pula mengimplementasikannya.

  1. Teknologi yang digunakan merupakan teknologi terkini
Pilihlah aplikasi akuntansi yang menggunakan bahasa pemrograman yang terkenal alias tidak jadul. Aplikasi akuntansi yang dijual juga harus up to date serta tidak ketinggalan zaman sehingga user dapat dengan mudah mengoperasikannya. Dengan menggunakan teknologi terkini, setidaknya aplikasi tersebut akan dapat dipakai minimal lima tahun kedepan atau bahkan lebih.

  1. Mudah Customize
Pilihlah perusahaan aplikasi akuntansi yang menawarkan aplikasi akuntansi yang bisa di request untuk customise. Kebutuhan tiap perusahaan berbeda-beda, pasti ada salah satu perusahaan aplikasi akuntansi yang mau menerima permintaan customise dari konsumennya.

Perlu Kamu ketahui bahwa membeli aplikasi akuntansi tetap menguntungkan sampai 5 bahkan 10 tahun kedepan, karena biaya untuk aplikasi akuntansi hanya terjadi sekali saja, pada saat pembelian pertama. Jika hal ini menguntungkan demi kelangsungan bisnis Kamu, kenapa Kamu tidak mencoba membeli aplikasi akuntansi yang bisa Kamu pakai agar memudahkan pekerjaan Kamu maupun karyawan Kamu. Bahkan pekerjaan akan lebih efisien, apalagi jika Kamu memiliki banyak kantor cabang dengan ratusan karyawan. Aplikasi akuntansi akan menjadi pilihan yang tepat bagi kebutuhan bisnis Kamu.

Sekarang Kamu sudah mengetahui bagaimana cara memilih aplikasi akuntansi yang berkualitas. Semoga artikel ini dapat berguna bagi Kamu,

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara mendapatkan aplikasi akuntansi terbaik untuk perusahaan Anda. Apabila Anda masih ragu, saya hanya punya dua pertanyaan untuk Anda.

Satu. Apakah Anda yakin perusahaan Anda akan mengalami perkembangan dalam 2 tahun kedepan? Kalau ya, apakah sistem kerja yang Anda miliki sekarang dapat mendukung kompleksitas perusahaan Anda untuk 2 tahun kedepan?

Coba dipikirkan. 2 tahun bukan waktu yang lama. Industri Anda dan kompetitor akan terus melaju kedepan dan tidak akan menunggu Anda.

Bantu Proses Akuntansi Jadi Mudah dengan Jurnal by Mekari

Website Jurnal.id merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, sistem akuntansi Jurnal.id menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal.id telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok
Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan online shop untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi