Pembangunan Jalan Program TMMD Menghubungkan Antar Desa

Pembangunan Jalan Program TMMD Menghubungkan Antar Desa
personil TNI yang terlibat dalam program TMMD sedang bekerja untuk meningkatkan jalan di Kecamatan Sei Kepayang Timur, Selasa (1/11) (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Asahan - Pembangunan jalan yang masuk dalam program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 gunanya untuk menghubungkan antar sesama desa yang berada di Kecamatan Sei Kepayang Timur dan jalan wisata hutan mangrove di Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Asahan, Armansyah Efendi mengatakan, jalan yang dibangun itu dapat membantu warga untuk menghubungkan akses ke desa lain dan mudah untuk dilewati baik itu berjalan kaki maupun berkendara roda dua.

"Jalan yang dibangun menggunakan program TMMD ini adalah akses yang menghubungkan antar bebrapa desa seperti desa Sei Tempurung Saran Helang, Sei Sembilang, Sei Kepayang Tengah dan desa Sei Pasir, sedangkan akses jalan menuju wisata hutan Mangrove di Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut bisa dilalui dengan mudah," ujar Armansyah Efendi yang akrab dipanggil Armando di ruang kerjanya, Selasa (1/11).

Lebih lanjut Armando mengatakan, hasil kegiatan TMMD ini sangat bermanfaat untuk kelancaran transportasi masyarakat untuk mengangkat hasil bumi ke berbagai desa.

"Sebelumnya jalan tersebut dengan konstruksi perkerasan batu padas tapi dalam kondisi rusak berat, maka dengan program TMMD ini ditingkatkan dengan cor betton agar bisa tahan lama," ujarnya.

Lebih lanjut Armando menjelaskan, adapun sasaran TMMD yakni Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut dengan pengerjaan cor betton sepanjang 360 meter lebar lima meter menuju wisata hutan mangrove. Sedangkan di Desa Sei Pasir menuju Desa Sei Tempurung dilakukan pengerjaan tembok penahanan kiri kanan sepanjang 3.805 meter dan jalan cor betton sepanjang 1.754 meter lebar empat.

Sementara warga yang ikut membantu serta tinggal di lokasi pengerjaan TMMD, Herman (38) warga Dusun II desa Sei Tempurung Kecamatan Sei Kepayang Timur mengatakan, bahwa masyarakat Desa Sei Pasir dan Sei Tempurung sangat senang jalan karena adanya pembangunan jalan desa tersebut.

"Selama ini jalan yang kami lalui sangat hancur apalagi pada musim hujan jalan ini tidak bisa dilewati dan terpaksa kami memutar dengan jarak tempuh yang jauh," ujarnya.

Dengan adanya TMMD di Kecamatan Sei Kepayang Timur dan Silo Laut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat petani kelapa dan selama ini jalan yang di lalui sangat susah dan semenjak di bangun dengan TMMD anak sekolah dapat lewat dengan mudah apalagi di saat waktu hujan.

"Sekarang sudah mudah dilewati karena adanya TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 0208/AS yang bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Asahan," ujarnya.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi